136 PSK Layani 2.832 Pelanggan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

136 PSK Layani 2.832 Pelanggan

FAJAR.CO.ID, PEKALONGAN – Wakil Bupati Pekalongan Arini Harimurti mengungkapkan, permasalahan HIV/AIDS butuh perhatian semua pihak. Pasalnya, untuk menekan wabah penyebaran HIV/AIDS ini tidak cukup hanya mengandalkan upaya pemerintah daerah. Namun juga butuh peran serta masyarakat.

Menurut Ketua Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Pekalongan, itu salah satu faktor penyebaran AIDS adalah hubungan seks berisiko, seperti bergonta-ganti pasangan dan homoseksual. Dia mengungkapkan, jumlah pelaku seks berisiko di Kabupaten Pekalongan sudah dalam level mengkhawatirkan.

Meski tidak tampak, diperkirakan wanita pekerja seks tidak langsung (WPS TL) mencapai 136 wanita dengan jumlah pelanggan 2.832 orang. Data itu masih merujuk pada estimasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) 2012. Menurutnya, jumlah itu diyakini meningkat seiring perkembangan penduduk dan situasi sosial di Kota Santri.

“Dari data tersebut, artinya ada 136 wanita yang diduga berkecimpung dalam prostitusi terselubung di Kabupaten Pekalongan dengan pelanggan mencapai 2.832 orang,” ujarnya, kemarin.

Belum lagi jumlah pasangan pelanggan WPS TL yang diperhitungkan mencapai 1.953 jiwa yang berisiko terjangkit HIV dari perilaku seks tidak sehat suaminya. Maka wajar, kata dia, kasus temuan HIV dan AIDS di Jawa Tengah semakin meningkat.

Tercatat sampai dengan Juni 2016 dilaporkan sebanyak 14.987 kasus HIV/AIDS, dengan rincian 8.085 infeksi HIV, 6.902 kasus AIDS, dan sebanyak 1.312 orang diantaranya sudah meninggal dunia.

Sementara kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pekalongan secara kumulatif sejak tahun 2005 hingga Bulan Desember tahun 2016 sebanyak 187 kasus dan tersebar di seluruh kecamatan di Kabupaten Pekalongan, yaitu 110 kasus HIV, 77 Kasus AIDS, dan 77 orang atau 41% persen di antaranya meninggal dunia akibat wabah tersebut.

Dia menambahkan, pencegahan HIV/AIDS yang paling mudah adalah dengan ABCD, yakni A (Abstinence) artinya tidak berhubungan seks sama sekali, terutama bagi individu yang belum memiliki pasangan resmi. B (Be Faithful atau setia) yakni jika Anda sudah memiliki pasangan, maka jadilah pasangan yang setia.

C (Condom atau gunakan kondom) yakni Selalu gunakan kondom di setiap hubungan seks berisiko. D (Drugs) artinya jauhi narkoba dan tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top