Benar, Kapolda Jawa Barat adalah Dewan Pembina Ormas GMBI – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Benar, Kapolda Jawa Barat adalah Dewan Pembina Ormas GMBI

Ormas GMBI saat bentrok dengan FPI

FAJAR.CO.ID, Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Bandung, Kamis (12/1) terlibat bentrok dengan Front Pembela Islam (FPI), saat pengawalan pemeriksaan terhadap Imam Besar FPI, Habib Rizieq di Polda Jawa Barat, kamis kemarin. 

Mendapat perlakuan anarkis dari GMBI, Front Pembela Islam (FPI) pun menuding GMBI adalah organisasi di bawah binaan Kapolda Jawa Barat, Irjen Anton Charliyan

Tudingan itu ternyata benar. Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Rikwanto mengatakan, Anton memang duduk di dewan pembina GMBI.

‎Meski begitu, Rikwanto menegaskan jika ada unsur tindak pidana saat massa GNBI bentrok dengan FPI, hal itu bukan tanggung jawab pembinanya tapi pada personalnya. “Dalam masalah pidana siapa berbuat apa,” kata Rikwanto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (13/1).

Mengenai pejabat Polri yang merangkap posisi di ormas, Rikwanto mengatakan bahwa tidak ada aturan ataupun larangan khusus tentang itu. Sebab, hak bagi setiap anggota Polri untuk berorganisasi selama tidak melanggar hukum.

Menurut Rikwanti, pejabat Polri memang sering diminta menjadi pembina perkumpulan atau organisasi tertentu. “Boleh, tidak ada larangan,” tegasnya.

Bahkan, sambungnya, hal itu sering menjadi bentuk penghormatan bagi pejabat Polri. “Tapi tentunya untuk tujuan kebaikan, bukan untuk tujuan lain,” tandas Rikwanto.(jpnn/fajar)

Click to comment
To Top