Dua Pilot Susi Air Tertangkap Konsumsi Morfin, Ini Reaksi Kepala Bandara – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Dua Pilot Susi Air Tertangkap Konsumsi Morfin, Ini Reaksi Kepala Bandara

FAJAR.CO.ID, TASIKMALAYA – Kepala Bandara Nusawiru Hendra Gunawan mengaku kaget atas tertangkapnya dua pilot Susi Air oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) di Bandara Tunggul Wulung Kabupaten Cilacap Provinsi Jawa Tengah. Dua pilot itu sering menggunakan Bandara Nusawiru.

“Dulu sebelum bandara ini ditutup untuk penerbangan komersil, dua pilot yang ditangkap itu sering take off sama landing di sini,” ungkapnya kepada Radar Tasikmalaya (Jawa Pos Groupp), kemarin (12/1).

Hendra menyebutkan Bandara Nusawiru ditutup untuk penerbangan komersil karena baru memiliki sertifikasi penerbangan komersil dan belum memiliki slot time dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Selama berada di Bandara Nusawiru, menurut dia, kedua pilot tersebut tidak menunjukkan tanda-tanda pengguna narkoba. Mereka selalu bersikap baik.

“Saya juga sempat kaget kedua pilot tersebut ditangkap karena narkoba,” tuturnya.

Sepengetahuan dia, pilot-pilot yang akan terbang hanya dicek tekanan darah. Sementara tes urine dan lain sebagainya tidak pernah dilakukan. “Medical check up bagi pilot itu satu tahun dua kali. Kalau mau terbang paling dicek tekanan darah saja,” ungkapnya.

Menurut dia, pihak perusahaan penerbangan seharusnya mengecek dengan teliti para pilot yang akan terbang. Sebab, keselamatan penumpang berada di tangan pilot. “Harusnya perusahaan penerbangan punya medical check up yang komplet,” katanya.

Apabila Bandara Nusawiru dibuka kembali untuk penerbangan komersil, pihaknya akan selalu bekerja sama dengan BNN untuk secara rutin memeriksa para pilot.

Sementara itu kantor PT Asi Pudjiastuti Aviation atau lebih dikenal dengan perusahaan penerbangan Susi Air di Pangandaran belum dimintai keterangan terkait dua pilotnya yang terjaring razia narkoba oleh BNN. (Fajar/jpg)

To Top