Ketahuan Mencuri Pasir, Dua Oknum Polisi Ditangkap Satpam Freeport – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Ketahuan Mencuri Pasir, Dua Oknum Polisi Ditangkap Satpam Freeport

FAJAR.CO.ID, TIMIKA – Nama kesatuan Polri tercoreng. Dua anggotanya, Brigadir S dan Bharatu A kedapatan sedang mencuri pasir.

S dan A adalah anggota Brimob Polda Jawa Tengah yang sedang BKO di Timika, Papua. Dua anak buah Kapolri Jenderal Tito Karnavian itu ditangkap petugas keamanan PT Freeport Indonesia, Minggu (7/1) malam sedang mencuri pasir konsentrat di area pertambangan milik PT Freeport Indonesia di mile74.

Selain menangkap dua oknum anggota Brimob, pihak keamanan PT. Freeport Indonesia juga mengamankan dua warga sipil berinisial AE dan C yang bersama kedua oknum anggota Brimob tersebut.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol A. M Kamal mengatakan, dua oknum Brimob ini telah ditahan di Markas Detasemen B Brimob Timika. Sementara dua warga sipil ditahan di Mapolres Mimika.

Menurut Kamal, dua oknum Brimob Polda Jawa Tengah ini sebenarnya akan kembali ke daerahnya setelah selesai menjalankan tugas selama enam bulan di Papua. Namun keduanya kedapatan mengambil pasir konsentrat bersama dua warga sipil.

“Dari tangan pelaku diamankan barang bukti berupa dua kantong plastik dan setengah karung pasir konsentrat,” kata Kamal kepada Cenderawasih Pos, Kamis (12/1).

Dari hasil pemeriksaan, kedua oknum Brimob ini mengaku baru sekali melakukan tindak pencurian pasir konsentrat. “Keduanya akan dikenai pasal pidana seperti yang diterapkan kepada dua warga sipil. Artinya sanksinya sama dengan dua warga sipil yang tertangkap,” ujarnya.

Kamal menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman lebih lanjut guna mengungkap dugaan keterlibataan oknum karyawan PT. Freeport Indonesia dalam kasus tersebut. “Kasus ini masih didalami, karena situasi di sana pengamanan berlapis, tetapi kenapa masyarakat sipil bisa masuk ke dalam area pertambangan,” pungkasnya. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top