Menanti Pembuktian Agus Yudhoyono di Debat Cagub – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Menanti Pembuktian Agus Yudhoyono di Debat Cagub

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga pasang kandidat penguasa ibu kota bakal berdebat resmi untuk pertama kalinya, Jumat (13/1) malam.

Pasangan Agus-Sylvi, Ahok-Djarot dan Anies-Sandi akan head to head di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Ketua KPU DKI Jakarta Sumarno menjelaskan, di debat perdana nanti malam akan dielaborasi menjadi tiga sesi. Pertama, kesenjangan ekonomi, kedua lingkungan, transporasi, tata kota, infrastruktur dan banjir. Terakhir, soal pendidikan, keamanan warga, pendidikan karakter, resolusi konflik dan kehidupan masyarakat Jakarta.

“Seluruh pihak yang terlibat memiliki semangat yang sama dengan menjunjung keadilan dan keberimbangan, baik itu panelis, moderator maupun televisi penyelenggara karena masing-masing telah menandatangani pakta integritas,” ujar Sumarno, seperti dikutip dari Rakyat Merdeka.

Para peserta juga sudah siap. Cagub nomor satu, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan siap mengutarakan solusi masalah Jakarta, hasil gerilyanya saat melakukan kampanye. “Saya ingatkan debat bagian kecil dari proses kampanye. Tiga bulan gerilya bertemu puluhan ribu warga masyarakat di berbagai daerah bentuk pendekatan langsung dengan masyarakat,” ujar Agus.

Debat nanti malam juga sekaligus menjadi panggung pertama buat AHY membuktikan kualitasnya. Satu waktu, dalam debat yang bukan digelar KPU, AHY menjadi satu-satunya cagub yang tidak hadir.

Sementara kandidat nomor urut dua, sekaligus pertahana, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) fokus memperbaiki tutur katanya. Soalnya, gaya bicara Ahok yang blak-blakan, telah membuantnya berkasus sebagai terdakwa penistaan agama Islam.

“Untuk debat besok (hari ini), saya hanya memperbaiki kata-kata saya, dibantu sama teman-teman relawan. Kan sebelumnya sudah dua kali ikut debat,” ujar Ahok.

Sedangkan kandidat nomor urut tiga, Anies Baswedan, mengatakan tidak ada persiapan khusus menghadapi debat nanti malam. Dia bilang, acara debat nanti akan mengalir apa adanya saja. Tentunya, dengan memaparkan konsep dan gagasan untuk Jakarta.

“Kalau kami selalu ngalir. Anda lihat sendiri kok kami sama-sama kompak aja. Ada tema yang nanti tema bang Sandi bicara saya tambahain, ada yang tema saya bicara bang Sandi tambahin. Nanti kita improvisasi,” ujar Anies. (Fajar/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top