Njirr.. Maling Disini Nekat-nekat, Dinas Siang-siang Rampok Toko Emas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Njirr.. Maling Disini Nekat-nekat, Dinas Siang-siang Rampok Toko Emas

DIRAMPOK. Polisi meminta keterangan saksi di depan Toko Mas Kalimantan di Jalan Setia Budi, Singkawang Barat, Rabu (11/1). SUHENDRA

FAJAR.CO.ID, SINGKAWANG-  Aksi perampokan disiang bolong juga terjadi di Kota Singkawang. Pelaku menggasak Toko Mas Kalimantan milik Chundy Bill alias Acun, 60 di Jalan Setia Budi, Nomor 121, Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat, Rabu (11/1) pukul 13.30.

Pelakunya dua pria mengendarai sepeda motor tanpa plat. Mereka menggasak perhiasan emas seberat 200 gram seharga Rp70 juta. “Saat itu saya lihat kurang terlalu jelas. Saya kira ada orang berantam, pelaku pakai helm. Satu orang beraksi dan satu orang menunggu di atas sepeda motor. Posisi saya di balik mobil, jadi tidak terlalu jelas,” ujar Suriyati, 30, saksi mata di lokasi kejadian.

Meskipun ketakutan, Suriyati berusaha ingin melihat aksi kedua pelaku, walaupun tidak terlalu dekat. “Pelaku menggunakan benda tajam untuk memecahkan kotak kaca (etalase) dan mengambil emasnya. Saya melihat emas berceceran di lantai. Kejadiannya begitu cepat,” kata karyawan toko yang tak jauh dari Toko Mas Kalimantan itu.

Kedua pelaku sangat profesional. Mereka sepertinya sudah merencanakan merampok Toko Mas Kalimantan. Kepanikan pemilik toko dimanfaatkan dengan baik untuk mengambil perhiasan emas di dalam etalase dan kabur mengendarai sepeda motor.

“Pemiliknya tampak kebingungan usai kejadian. Dia sempat berteriak, akhirnya langsung menutup tokonya,” kata Suriyati. Berdasarkan pengakuan Acun, kedua pelaku datang ke tokonya. Dia pun bertanya kepada pelaku, mencari apa? Tak berapa lama pelaku langsung memecahkan kaca etalase dengan benda tajam yang dibungkus plastik warna hitam.

“Setelah kaca etalase pecah, pelaku kemudian mengambil emas di dalam etalase. Kemudian pelaku kabur dalam hitungan detik,” ujar Acun.

Pelaku mengendarai sepeda motor Honda Revo warna hitam. Salah seorang pelaku masuk ke toko menggunakan helm hitam, baju merah berjaket hitam dan celana panjang. Sedangkan pelaku kedua menggunakan helm merah abu-abu dan celana panjang standby di atas sepeda motor.

Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustofa mengaku, jajarannya telah melakukan pengejaran pelaku. Ciri-cirinya sudah dikantongi. “Ada CCTV atau tidak, kita tetap melakukan pengembangan, berdasarkan keterangan saksi dan korban. Tidak ada perlawanan dari korban,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan korban, jumlah emas yang diambil pelaku sebanyak 200 gram atau senilai Rp70 juta. Pelaku menggunakan kampak dibungkus plastik untuk memecahkan kaca etalase toko emas. Tidak ada penodongan saat pelaku menjalankan aksinya.

“Kerugian pastinya masih ditaksir pemiliknya, karena masih shock. Pada saat kejadian, korbannya cuma sendiri,” ujar AKBP Sandi. AKBP Sandi mengingatkan warga Kota Singkawang agar melakukan aplikasi panic button melalui Google Play atau Google Store. “Kalau masyarakat sudah memiliki aplikasi panic button, maka dengan cepat polisi bergerak ke TKP,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, Toko Mas Kalimantan di Jalan Setia Budi masih tutup. Terlihat beberapa pengendara yang mendekat setelah mengetahui toko tersebut dirampok. (suhendra/rk)

loading...
Click to comment
To Top