Sindir Ahok saat Debat Cagub, Pasangan no 3: Dimana Janji Itu? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Sindir Ahok saat Debat Cagub, Pasangan no 3: Dimana Janji Itu?

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Calon gubernur (cagub) DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyinggung janji kampanye petahana Basuki T Purnama soal Pilkada DKI 2012 lalu.

Dia mengatakan, ketika itu Ahok yang menjadi calon wakil gubernur berpasangan dengan Joko Widodo melontarkan janji akan membangun kampung deret di wilayah bantaran sungai.

“Dimana janji itu?” ujar Anies saat debat kandidat Pilkada DKI di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (13/1).

Pertanyaan retoris itu dilontarkan Anies lantaran janji tersebut tak pernah terealisasi. Malahan, pemukiman warga di pinggir sungai habis digusur oleh Ahok.

Anies pun menyinggung kontrak politik yang sempat dibuat oleh Joko Widodo dengan warga di Muara Baru saat kampanye 2012 silam. Salah satu isi kontrak itu adalah tidak akan melakukan penggusuran.

“Saya datang ke tempat sama, ini kontrak politik itu. kami katakan, ‘Kami akan laksanakan itu’,” tegas mantan mendikbud ini.

Anies berkeyakinan, janji tersebut bisa dilaksanakannya. Sebab, penataan kota tanpa penggusuran paksa telah berhasil dilakukan di beberapa daerah.

Kota Yogyakarta dan Malang misalnya, di mana pemda setempat bisa bermusyarah dan berdialog dengan warga yang tinggal di bantaran kali.

“Saya punya sahabat di Kali Code (Yogyakarta). Mereka (sekarang) sudah tinggal jauh dari pinggir sungai, karena diberikan pendidikan berkualitas, akses yang bagus,” pungkasnya.

To Top