Debat Pertama, AHY Tegas, Ahok Santai dan Anies Berwibawa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Debat Pertama, AHY Tegas, Ahok Santai dan Anies Berwibawa

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta telah melewati debat perdana, tadi malam (13/1). Ketiga paslon, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, dinilai mampu merebut hati masyarakat Jakarta dengan kharismanya masing-masing.

“Secara umum, ketiga pasangan calon khususnya para calon gubernur cukup mampu menunjukan kualitasnya. Sebagai calon pemimpin, mereka cukup cakap dalam menyampaikan visi, misi, dan programnya kepada calon pemilih,” kata Pemerhati Pemilu, Said Salahudin dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (14/1).

Menurut Said, salah satu hal menarik dalam debat semalam adalah penampilan AHY -sapaan akrab Agus-. Pasalnya, selama ini kemampuan peserta Pilkada DKI nomor urut 1 dalam berdebat cenderung diragukan oleh sejumlah pihak. Ditambah lagi dengan absennya Agus di beberapa acara debat nonformal yang digelar televisi swasta beberapa waktu lalu. Hal ini sempat memunculkan anggapan jika Agus memang tidak siap mengikuti debat.

“Tetapi setelah melihat penampilannya semalam, Agus sepertinya telah mampu menggugurkan pandangan sinis tersebut. Tampil dengan penuh percaya diri dan cara bicara yang tegas dan teratur, AHY cukup memukau. Stigma sebagai ‘anak ingusan’ tampaknya tidak tepat lagi dilekatkan kepadanya,” ujar dia.

Tak hanya Agus, kata Said, Ahok dan Anies dinilai juga tampil cukup memukau. Dia mengatakan, secara umum Ahok terlihat cukup tenang dan rileks ketika berbicara. Dia relatif mampu mengendalikan sikap temperamentalnya. Hanya sesekali saja suaranya meninggi.

“Ahok juga tidak terlihat tertekan dalam posisinya sebagai calon petahana yang lazim menjadi pusat serangan,” katanya.

Sementara penampilan Anies tidak berubah. Said menilai mantan rektor Universitas Paramadina itu tetap muncul dengan tampilan berwibawa. “Cara bicaranya cukup menyejukan, sistematis, argumentatif, tetapi juga tegas. Dia tampil cukup simpatik,” paparnya. (Fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top