Ini Tarif Baru PSK Zimbabwe Setelah Putusan MK, Bikin Miris – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Ini Tarif Baru PSK Zimbabwe Setelah Putusan MK, Bikin Miris

FAJAR.CO.ID HARARE – Mahkamah Konstitusi Zimbabwe pada 2015 memutuskan bahwa aparat polisi tidak boleh lagi menangkap seorang wanita dengan alasan prostitusi.

Seperti dikutip dari The Economist, keputusan itu juga melegakan bagi para wanita lain yang kerap ditangkap polisi hanya karena berjalan sendirian pada malam hari atau sedang menikmati minuman di sebuah pub.

Namun, keputusan itu ternyata berimbas buruk bagi pemasukan para Pekerja Seks Komersil (PSK) di Zimbabwe.

Pasalnya, gara-gara aturan itu, para PSK yang sudah senior alias udzur perlahan tergusur dan tak laku karena sejak keputusan itu, banyak kaum wanita muda dan remaja ikut melakukan prostitusi.

Tambudzai Mikorasi, seorang PSK berusia 40 tahun, mengaku harus kehilangan banyak pendapatan dari pelangganya. bahkan dirinya samapi harus menurunkan harga pasaran.

Untuk bisa menguasai pasar, Sejumlah PSK tua banyak yang menyewa jasa tukang pukul untuk melindungi pasar. Imbalanya, para pria tukang pukul itu jasa PSK itu sesuka mereka.

“Ini imbas aturan itu dan Kami tidak punya pilihan. Belum pernah separah ini. Gadis-gadis ingusan itu mendepak kami keluar bisnis,” ujarnya.

Sementara itu, PSK senior lainnya, Malaika Chatyoka (37) mengeluhkan pemasukannya yang mulai berkurang drsatis.

“Dari 10 dolar AS untuk layanan 30 menit, turun menjadi 2 dolar AS. Layanan semalam suntuk turun 5 kali lipat, sekarang hanya 10 dolar AS semalaman,” jelasnya.

Selain anjloknya pemasukan PSK senior, imbas keputusan MK juga membuat ibukota Zimbabwe menjadi rawan perampokan dan pemerkosaan, ini karena pengurangan kehadiran polisi.

Click to comment
To Top