KTP Ganda Membludak di Kota Baubau – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

KTP Ganda Membludak di Kota Baubau

FAJAR.CO.ID, BAUBAU — Wakil Ketua Komisi I DPRD, Harmin tersentak mengetahui jumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP) ganda di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, mencapai 38 ribu. Menurutnya, ini persoalan serius yang harus diklarifikasi langsung Pemkot.

Apalagi, kata dia, dalam waktu dekat tahapan Pemilihan Walikota (Pilwali) 2018 segera dimulai. Dikhawatirkan KTP ganda itu menjadi ruang terjadinya pelanggaran Pilwali nantinya.

“Kita anggap ini sesuatu hal serius, saya kira tidak ada kata lain kecuali kita meminta keterangan dari pemerintah terkait dengan itu. Karena 38 ribu, kalau kita bicara Pilkada, itu menjadi potensi yang cukup besar terjadinya pelanggaran-pelanggaran,” imbuh Harmin di kompleks DPRD, Jumat (13/1).

Kata Legislator Nasdem itu, ini masalah yang cukup serius, karena jika memang faktanya KTP ganda seperti itu, maka menambah deretan catatan buruk kinerja Pemkot Baubau terutama dalam tertib administrasi kependudukan.

“Saya sangat menyayangkan kalau ada KTP ganda sebanyak kurang lebih 30 ribu. Itu menjadi hal yang luar biasa. Saya bisa tarik kesimpulan bahwa kinerja pemerintah tidak cukup baik dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan. Apalagi ini urusan wajib,” tandas mantan komisioner KPU Baubau ini.

Angka KTP ganda kurang lebih 30 ribu ini sudah diakui Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Sahirun beberapa waktu lalu. Munculnya KTP ganda ini dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan diri saat pindah domisili. (Fajar/BP)

Click to comment
To Top