Agus Sebut Manajemen Birokrasi yang Dibangun Ahok Penuh Rasa Takut – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Agus Sebut Manajemen Birokrasi yang Dibangun Ahok Penuh Rasa Takut

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Klaim keberhasilan reformasi birokrasi di bawah kepemimpinan Ahok-Djarot mendapat kritikan dari calon gubernur DKI Jakarta, Agus Harimurti Yudhoyono.

Agus menyebut apa yang dipaparkan petahana tidak sepenuhnya benar. Dia melihat masih banyak daerah-daerah yang kotor dan kondisinya menyedihkan. Hal ini merupakan imbas dari kurang maksimalnya pelayanan publik yang dilakukan para aparatur sipil negara (ASN).

“Artinya, kami melihat birokrasi yang dibangun selama ini penuh rasa takut. ASN bekerja di bawah tekanan karena takut dicopot atau dimutasi. Ini saya pikir cara yang salah dalam meningkatkan kinerja birokrat,” ujar Agus di acara debat publik, Jumat (27/1) malam.

“Itu cara yang tidak konstruktif. Tidak baik mempermalukan ketidakmampuan birokrat di depan publik, mereka punya keluarga,” sindir putra Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Agus menegaskan bahwa konsep kepemimpinan dan manajemen yang iklusif dan represif akan mematikan kreatifikas ASN.

“Kalau birokrat merasa takut, maka yang dilaporkan mereka hanya ABS, asal bapak suka. Imbasnya apa, laporan kepada atasan tidak sesuai dengan apa yang terjadi di lapangan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, pada debat edisi kedua kali ini, tema debat terkait reformasi birokrasi. Ada dua moderator yang memandu acara debat. Yakni Tina Talisa dan Eko Prasodjo, mantan Wakil Menteri PANRB. (Fajar/JPG)

To Top