Menyedihkan, Sudah Dua Alumni Komisi III Terjaring OTT – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Menyedihkan, Sudah Dua Alumni Komisi III Terjaring OTT

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Anggota Komisi III DPR RI, Saiful Bahri Ruray, mengaku sangat sedih karena kehormatan lembaga Mahkamah Konstitusi sudah tercoreng dua kali.

Sudah dua hakim konstitusi yang pernah ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Yang lebih membuat ia prihatin, keduanya merupakan “alumni” dari Komisi III DPR RI.

Yang ia maksudkan ialah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi, Akil Mochtar, yang ditangkap pada 2013 lalu. Lalu, mantan hakim konstitusi, Patrialis Akbar, yang diciduk pada Rabu lalu. Mereka berdua terlibat dalam perkara suap.

“Kedua hakim konstitusi itu hasil perekrutan DPR RI, alumni Komisi III,” ucap Saiful dalam diskusi “Lagi, Korupsi di Mahkamah Konstitusi” di Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/1).

Ia lebih menyesali, korupsi sudah merambah ke lembaga MK yang adalah penjaga konstitusi, yang fungsi dan strukturnya perlu mendapat kepercayaan tinggi dari rakyat.

“Ada yang hilang dalam proses berbangasa bernegara, khususnya dalam kasus MK. Kalau kita bicara MK dalam konteks konstitusi, maka ada pelajaran yang menyatakan konstitusi adalah segalanya,” ucapnya.

Kalau konstitusi “digoyang” dengan perkara-perkara korupsi yang mempermalukan MK, lanjut dia, maka sama saja itu sudah merombak dasar bernegara.

“Norma fundamental negara ini yang sedang dirobohkan oleh Patrialis,” tegasnya. [ald]

To Top