Ribuan Umat Islam di Surabaya Tolak Kriminalisasi Habib Rizieq – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Ribuan Umat Islam di Surabaya Tolak Kriminalisasi Habib Rizieq

FAJAR.CO.ID, SURABAYA – Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) MUI Jawa Timur, menggelar Tabligh Akbar tolak kriminalisasi ulama di Masjid Al Falah Surabaya, Sabtu pagi (28/1).

Tabligh akbar dihadiri para ulama, sejumlah ormas Islam di Jawa Timur, dan ribuan umat muslim. Sementara Imam Besar FPI Habib Rizieq yang sedianya hadir dalam Tabligh Akbar tersebut, tidak terlihat.

Diduga, Habib Rizieq tidak hadir dalam Tabligh Akabr lantaran sebelumnya ditolak sejumlah warga di Surabaya.

Ribuan umat Islam dari berbagai daerah di Jawa Timur, sejak Sabtu pagi hingga siang tadi menghadiri Tabligh Akbar tolak kriminalisasi ulama, yang digelar oleh Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) MUI Jawa Timur di areal Masjid Al Falah Jalan Darmo Surabaya.

Tabligh Akbar ini sendiri dihadiri pula oleh anggota 75 ormas Islam, beserta sejumlah ulama, Habib Muksin Al Atas, serta ustad Bachtiar Nasir.

Selain melantunkan doa-doa, Tabligh Akbar ini juga bertujuan untuk menyerukan penolakan kriminalisasi terhadap ulama, seperti yang dialami Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Sihab.

Kombespol M. Iqbal, Kapolrestabes Surabaya mengatakan, Kegiatan Tabligh Akbar ini sendiri berlangsung aman, dengan penjagaan kurang lebih 1.000 personel dari kepolisian, baik Polrestabes Surabaya maupun Polda Jawa Timur.

Diberitakan sebelumnya, Tabligh Akabr ini sempat membuat heboh warga Surabaya dengan rencana kedatangan Habib Rizieq.

Ratusan massa dari Aliansi Kerukunan Umat dan Kebhinekaan di Surabaya turun ke jalan beberapa hari lalu, menolak kehadiran Habib Riziq ke Surabaya mengikuti Tabligh Akbar yang digelar GUIB MUI Jatim Sabtu ini. Ratusan masa tersebut menganggap ormas FPI sebagai ormas intoleran dan anti kebhinekaan. (Fajar/pojoksatu)

Click to comment
To Top