Sir John Hurt Aktor Kawakan Inggris Meninggal Dunia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hiburan

Sir John Hurt Aktor Kawakan Inggris Meninggal Dunia

FAJAR.CO.ID, INGGRIS – Inggris kehilangan aktor besarnya. Sir John Hurt, pelakon asal Inggris yang besar lewat film-film berkelas berpulang di usia 77 tahun, Jumat (27/1). Disebutkan juru bicaranya pada Sabtu (28/1), Charles McDonald, Hurt meninggal dunia di London, Inggris. Hurt memang sudah lama mengidap kanker dan komplikasi penyakit dalam.

Film dan serial yang dibintanginya mendapat tempat di hati penggemar. Serial TV pertamanya adalah The Naked Civil Servant yang tayang pada 1975 di ITV. Setelah itu, peran-peran lain mengalir untuk Hurt. Usianya yang sudah tidak muda lagi pun tidak menghentikannya untuk berkarya.

Kepada The Guardian, Hurt pernah mengatakan kalau dia sudah diingatkan untuk tidak lagi berakting. ”Mereka juga berkata kalau saya tidak akan bekerja lagi,” katanya saat itu. Namun, kalimat tersebut tidak berlaku. Hurt malah mendapatkan beberapa penghargaan. Total, ada 120 film yang sudah dibintanginya.

Lahir pada 1940 Hurt besar di Woodville, Derbyshire sebelum dikirim ke sekolah di Kent. Namun, di Kent Hurt melewati masa-masa buruk. Dia mendapatkan pelecehan seksual oleh kepala sekolahnya. Kemudian, Hurt pindah ke Grimsby sebelum akhirnya masuk sekolah seni yang sekarang bernama Royal Academy of Dramatic Art.

Salah satu peran signifikannya di layar lebar di awal-awal karirnya adalah menjadi Richard Rich dalam film A Man For All Seasons. Film itu dirilis pada 1966. Kemudian, film-film lain berdatangan. Seperti Midnight Express pada 1978. Dalam film ini Hurt memenangkan Piala Bafta dan Golden Globe untuk peran pembantu terbaik, plus nominator Piala Oscar.

Selain itu, dia juga bermain di The Elephant ManRob RoyContact, HellboyV for Vendetta, dan Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull. Hurt juga muncul dalam film Harry Potter sebagai pembuat tongkat sihir, Mr Ollivander. (Fajar/JPG)

To Top