Waspadai Hal Ini di Tahun Ayam Api – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Waspadai Hal Ini di Tahun Ayam Api

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Setiap tahun baru Imlek, shio selalu berganti. Kehadiran shio di tahun tersebut akan banyak prediksi dari warga Tionghoa. Dalam kalender Tionghoa, tahun ini Shionya adalah Ayam api.

Penentuan shio dipercaya sudah dilakukan sejak 2.968 tahun yang  lalu, ketika orang belum mengerti soal almanak. Kala itu manusia baru baru melihat faktor musim dan tahun.

Untuk menandai tahun tersebut, ditandai dengan 12 jenis hewan. Dengan shio tersebut setiap orang di masa lalu dapat menentukan musim dan tahun serta mengetahui prediksi usia seseorang.

Pengurus Harian Vihara Dhanagun Jalan Surya Kencana Bogor, Yung Hing menjelaskan, setiap elemen api memiliki dua jenis api yaitu yin dan yang. Api tahun ini untungnya adalah masuk dalam kategori yin.

“Api harus bisa bedakan, api ada 2 jenis yaitu yin dan yang. Yang adalah api yang agresif dan berkobar. Sedangkan yin merupakan bara api yang diam tetapi bisa menjadi besar jika tersulut,” kata pria yang akrab disapa Koh A Yung ini, Sabtu (28/1).

Artinya, kata dia, jangan ada pemicu yang dapat menyulut semua pihak. Jika ada provokasi, lanjutnya, maka situasi menjadi mudah terbakar dan emosional. “Jangan sampai ada yang menyulut. Yang namanya bara api itu panasnya diam-diam enggak berkobar, kalau afda yang kipasi atau provokator maka meledak,” katanya.

Apalagi menurutnya tahun ini merupakan tahun politik yang rentan provokasi. Shio ayam api ini tidak otomatis langung berubah dari tahun sebelumnya yaitu shio monyet. Menurut perhitungan kalender Tionghoa, tahun ayam api baru akan mulai berlangsung pada 4 Februari 2017.

“Nanti baru berubah setelah 4 Februari baru akan ganti tahun, perayaan imlek baru akan selesai setelah 1 bulan atau malam ke 15 bulan pertama yang akan dirayakan dengan Cap Go Meh,” katanya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top