Ini Tingkah Ahok yang Dinilai Lecehkan Forum Debat – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Jabodetabek

Ini Tingkah Ahok yang Dinilai Lecehkan Forum Debat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA, Tingkah nyeleneh Basuki T Purnama atau Ahok dalam forum debat calon Gubernur DKI Jakarta jumat Jumat (27/1) lalu, dinilai melecehkan forum.

Ekspresi tidak lazim itu dipertunjukan saat ia seolah sedang ingin ‘menengahi’ perdebatan yang sebetulnya tidak perlu terjadi antara cagub paslon nomor 3 Anies Baswedan (Anies) dan Sylvi.

“Tingkah nyeleneh Ahok di segmen kelima debat adalah kasusnya,” kata pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Sinergi Demokrasi untuk Masyarakat Demokrasi (Sigma), Said Salahuddin, Sabtu (28/1).

Saat itu secara tiba-tiba Ahok maju ke tengah panggung debat dengan bertingkah bak orang yang sedang menari, padahal, pada saat itu Ahok belum mendapatkan giliran tampil,” ujar Said.

Walaupun tingkah Ahok itu bisa saja ditangkap sebagai aksi ‘lucu-lucuan’ belaka, tetapi jika ditinjau dari sisi etika dan unsur kepantasan, maka tingkahnya itu bisa juga disebut sebagai bentuk pelecehan terhadap forum debat.

Sebab, lanjut Said, debat sejatinya merupakan mimbar politik yang bersifat formal atau resmi dalam rangkaian kegiatan memilih pemimpin eksekutif di tingkat daerah.

“Pertanyaannya, apakah dengan tingkahnya itu Ahok dapat disebut telah melanggar aturan debat? Jawabnya tidak pasti. Sebab, dalam tatib debat tidak ditentukan adanya larangan bagi paslon untuk bersikap seperti yang demikian,” ungkapnya.

Tambah Said, jika sikap Ahok yang ‘memotong’ sesi perdebatan Anies dan Sylvi dikaitkan dengan ketentuan poin pertama tatib debat, maka dapat saja hal itu dianggap sebagai sebuah pelanggaran.

“Poin pertama tatib debat menyebutkan ‘…tidak diperkenankan bagi paslon untuk memotong jawaban paslon lainnya saat tengah memaparkan jawaban’,” tukasnya. (Rmol/fajar)

Click to comment
To Top