Pasca Banjir Dasyat di Peru, Ribuan Orang Masih Terlantar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Internasional

Pasca Banjir Dasyat di Peru, Ribuan Orang Masih Terlantar

banjir di peru
FAJAR.CO.ID- Banjir di Peru telah menewaskan 11 orang dan menelantarkan lebih dari 11.000 keluarga dalam beberapa pekan terakhir.
Pada hari Jumat (25/1), pemerintah Peru mengumumkan keadaan darurat di empat wilayah, di mana hujan lebat, tanah longsor, dan banjir telah menyebabkan penyumbatan jalan, penghancuran tanaman serta bangunan dan jembatan.

“Kabinet waspada tinggi untuk masalah iklim,” kata Perdana Menteri Peru Fernando Zavala.

“Sangat penting untuk dicatat bahwa pusat-pusat darurat lokal dan pemerintah regional dan lokal sudah menyebarkan dan bekerja, independen dari menteri kabinet,” sambungnya.

Pihak berwenang telah meminta warga untuk tenang dan mendesak orang-orang untuk memiliki keyakinan dalam pemerintahan.

Menurut Lembaga Pertahanan Sipil Nasional, tiga orang tenggelam saat mobil mereka terjebak dalam banjir di wilayah Arequipa, Peru Selatan. Delapan lainnya telah dibunuh oleh perairan di daerah lain.

Curah hujan yang tinggi dalam beberapa hari terakhir telah menyebabkan Sungai Ica meluap, mempengaruhi penduduk di kabupaten Tinguina dan Parcona. Air meliputi beberapa blok di kota, mencapai 70 sentimeter. Jalanan benar-benar banjir sementara warga bergegas untuk menyelamatkan barang-barang mereka. Lainnya meninggalkan rumah mereka dan pindah ke daerah yang lebih aman. Banyak kendaraan terperangkap di perairan meluap.

Prakiraan cuaca memprediksi bahwa hujan lebat akan terus terjadi sampai April mendatang di Peru. [fajar/rmol]

Click to comment
To Top