Dari Pistol Mainan, Dua Warga ini Mampu Bikin Senjata Api Laras Panjing – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Dari Pistol Mainan, Dua Warga ini Mampu Bikin Senjata Api Laras Panjing

Warga Sukamara menyerahkan secara sukarela menyerahkan senpi rakitan laras panjang kepada anggota TNI AD Kodim 1014/PBN.

FAJAR.CO.ID, PANGKALAN BUN – Kodim 1014/PBN kembali menerima dua unit senjata api (senpi) rakitan laras panjang yang diserahkan secara sukarela oleh warga Jalan Cakra Adiwijaya, RT.09, Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara, Kamis (26/1).

Dandim 1014/PBN Letkol Inf Wisnu Kurniawan mengapresiasi dua warga yang telan menyerahkan dua pucuk senpi rakitan laras panjang. Dua warga tersebut adalah Veri (25) dan Iyan (40), warga Jalan Cakra Adiwijaya, RT.09, Kelurahan Padang, Kecamatan Sukamara, Kabupaten Sukamara.

“Awalnya ada yang melapor bahwa ada dua warga yang mau menyerahkan senjata mereka kepada kami, setelah didatangi ternyata benar mau menyerahkan secara sukarela,” ujar Dandim, Sabtu (28/1).

Senpi tersebut bukan membeli, melainkan merakit sendiri dengan cara meniru senjata mainan anak-anak dan mencari tahu kerja dari senjata mainan tersebut.

“Mereka beli senjata mainan, kemudian diteliti cara kerjanya,” terang Wisnu Kurniawan.

Di wilayah Kodim 1014/PBN sendiri, awal tahun ini sudah menerima 10 pucuk senpi rakitan laras panjang dan semuanya dari daerah Kabupaten Sukamara. Sedangkan untuk di Kabupaten Lamandau dan Kotawaringin Barat,  belum ada laporan.

“Kita terus lakukan sosialisasi, untuk di Kobar sendiri sudah jarang yang menggunakan, mungkin ada tapi sembunyi-sembunyi biasanya digunakan untuk berburu  babi dan rusa,” pungkas perwira menengah ini. (jok/yit)

Click to comment
To Top