Gizi Buruk di Karawang Capai 257 Kasus – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Gizi Buruk di Karawang Capai 257 Kasus

FAJAR.CO.ID, KARAWANG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Karawang mencatat kasus gizi buruk di Kabupaten Karawang masih cukup tinggi. Yakni, mencapai 257 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus gizi buruk tersebar di hampir seluruh kecamatan di Karawang.

Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Karawang Yayuk mengatakan, meski kasus gizi buruk itu cukup tinggi, tapi jumlahnya menurun dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Selama tiga tahun terakhir ini kasus gizi buruk menurun cukup signifikan,” katanya.

Dia mengatakan, pada 2014 tercatat 411 kasus gizi buruk. Kemudian pada 2015 kasusnya mencapai 281 kasus, dan pada 2016 kasus gizi buruk yang dicatat Dinas Kesehatan Karawang mencapai 257 kasus. “Sesuai dengan data Dinas Kesehatan Karawang selama tiga tahun terakhir itu, terjadi penurunan kasus yang cukup signifikan,” katanya.

Dijelaskan, ada beberapa faktor penyebab terjadinya gizi buruk. Diantaranya karena kurang asupan gizi dan infeksi yang diderita bayi di bawah lima tahun. “Faktor penyebab lainnya, salah pola asuh serta akibat pengetahuan ibu yang minim tentang gizi, serta faktor kemiskinan,” jelasnya.

Dia menambahkan, berbagai penanggulangan masalah gizi pada balita telah dilakukan. Mulai dari program 1000 hari pertama kehidupan, skrining pertumbuhan di Posyandu, pos gizi, klinik gizi rawat jalan, pemberian kapsul vitamin A, survailans gizi pemberian makanan tambahan pemulihan pada balita dan ibu hamil.

“Kegiatan bulan penimbangan balita ini merupakan kegiatan rutin kami untuk mengetahui status gizi balita usia 0-59 bulan, yang nantinya akan dijadikan dasar untuk kebijakan berikutnya untuk mengatasi masalah ini,” katanya.

Yayuk mengaku, pihaknya akan terus berupaya menekan jumlah kasus gizi buruk. Kegiatan penyuluhan-penyuluhan menjadi upaya Dinkes Karawang dalam menekan kasus tersebut. Pihaknya juga mendistribusikan makanan tambahan yang bergizi terhadap penderita gizi buruk. “Itu dilakukan melalui Puskesmas-Puskesmas yang ada di Karawang,” pungkasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top