Hmmm, 6 Polisi yang Positif Narkoba Hanya Dimutasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Hmmm, 6 Polisi yang Positif Narkoba Hanya Dimutasi

FAJAR.CO.ID, BANGKALAN – Polres Bangkalan gencar memberantas peredaran narkoba. Namun pada 2016, terdapat enam anggota polres yang diduga positif menggunakan narkoba jenis sabu-sabu. Hal itu terungkap berdasar tes urine.

Polisi yang diduga mengonsumsi narkoba adalah Brigpol Zainul Ghufro, Bripka Sahril Undianto, Brigpol Aditya Gunawan Putra, Bripka Agung Darmawan, Bripka Tri Widodo, dan Aiptu Anam Hambali. Namun, enam polisi itu tidak ada yang diberhentikan.

”Hasil evaluasi 2016, ada anggota kami yang positif narkoba. Tapi kejadiannya sebelum saya tugas di sini (Polres Bangkalan, Red),” kata Kapolres Bangkalan AKBP Anissullah M. Ridha Minggu (29/1).

Anis menyatakan, polisi yang terlibat penyalahgunaan narkoba sudah mendapatkan sanksi. Yakni, mutasi dan penundaan kenaikan pangkat. ”Jadi tidak ada anggota yang dipecat,” ucap dia. Pertimbangannya, enam polisi tersebut merupakan korban. ”Kalau pengguna kan korban. Kecuali jadi pengedar atau bandar, pasti langsung dipecat,” tegasnya.

Sebelum mendapatkan sanksi, polisi yang positif menggunakan narkoba terlebih dahulu mendapatkan pembinaan kerohanian dan pelatihan khusus. Tidak hanya itu, mereka disanksi kurungan sel agar tidak terlibat penyalahgunaan narkoba lagi.

Tidak cukup sampai di situ, polisi yang positif narkoba dibuatkan surat pernyataan. Isinya, jika mengulangi perbuatan, yakni mengonsumsi narkoba, langsung dapat sanksi pemecatan.

Anis menerangkan, semua polisi yang terlibat narkoba sudah menjalankan tugas sebagaimana mestinya. Sebab mereka telah menjalani sanksi yang diberikan Polda Jawa Timur. Disebutkan, empat polisi terlibat narkoba kini bertugas di Polres Bangkalan. Sementara dua polisi lainnya dimutasi ke Polres Sampang.

Untuk meminimalisasi polisi menjadi pengguna narkoba, setiap tiga bulan sekali dilakukan tes urine. Biasanya, tes urine digelar secara mendadak agar anggota tidak tahu. ”Kalau ada polisi yang terlibat narkoba, pasti ada sanksi,” tandas Anis. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top