5 Orang Ini Bakal Bersaksi dalam Sidang Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

5 Orang Ini Bakal Bersaksi dalam Sidang Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pengadilan Negeri Jakarta Utara hari ini, kembali menggelar sidang lanjutan dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok di Auditorium Kementerian Pertanian, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Ini adalah sidang ke-8 yang dijalani calon petahan Gubernur DKI Jakarta itu.

Agenda dari persidang hari ini masih sama dengan sidang sebelumnya. Hari ini majelis hakim kembali mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan oleh pihak jaksa penuntut umum (JPU).

Perlu diketahui, ada sebanyak lima orang saksi yang rencananya dihadirkaan penuntut umum dalam sidang hari ini. Meski begitu, belum dapat dipastikan apakah kelima saksi itu akan bersaksi di persidangan hari ini.

Adapun kelima saksi yang akan dihadirkan dalam persidangan hari ini yaitu, seorang saksi pelapor, Ibnu Baskoro, dua orang saksi fakta yang merupakan nelayan di Kepulauan Seribu, yakni Zainudin Alias Panel, dan Saifudin alias Deny.

Kemudian, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Ma’ruf Amin dan salah seorang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta, Dahliah Umar juga dijadwalkan akan dihadirkan JPU hari ini.

“Ada 2 saksi dari nelayan di Pulau Seribu, namanya Zainudin Alias Panel, Saifudin alias Deny. Kemudian ada Dahliah Umar dari KPU DKI (salah seorang komisioner). Kemudian Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin,” kata Ketua tim penasihat hukum Ahok, Trimoelja D Soerjadi saat dikonfirmasi, Senin (30/1) malam.

Untuk diketahui, saat ini Ahok berstatus sebagai terdakwa dalam perkara dugaan penistaan agama. Pernyataannya terkait Surat Al-Maidah Ayat 51 membawanya ke meja hijau. Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Ahok dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top