Jika Diperiksa, Polda Jabar Minta Habib Rizieq Tidak Bawa Massa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Jika Diperiksa, Polda Jabar Minta Habib Rizieq Tidak Bawa Massa

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Setelah mentetapkan Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab sebagai tersangka atas kasus dugaan penodaan Pancasila dan pencemaran nama baik, penyidik Polda Jabar berencana akan memanggil dan memeriksanya. Tujuannya untuk melengkapi berita acara pemeriksaan (BAP) saksi.

“Terlapor secepatnya kami panggil dalam seminggu ini. Kami meminta waktu seminggu ini untuk kami hadirkan. Mekanismenya, pemanggilan pertama, lalu akan di-BAP,” kata Kabidhumas Polda Jabar Kombespol Yusri Yunus, Senin (30/1).

Dalam pemanggilan nanti, pihaknya menegaskan supaya Rizieq tidak membawa massa. Yusri meminta semua pihak memercayakan seluruh proses hukum kepada polisi. “Percayakan pada keprofesionalan kami. Cukup pengacara saja, jangan membawa massa. Termasuk kepada massa siapa pun. Saya minta terlapor jangan datangkan massa untuk menekan penyidik,” tuturnya.

Meski Rizieq telah berstatus tersangka, jelas Yusri, polda tidak akan menahannya. Selain itu, pihaknya tidak mempermasalahkan jika ke depan Rizieq menempuh praperadilan atas penetapan tersangka tersebut.

“Dua pasal yang dipersangkakan terhadap Rizieq total hukumannya di bawah lima tahun. Untuk pasal 154 A KUHP tentang Penistaan Lambang Negara, ancaman hukumannya empat tahun. Sedangkan untuk pasal 320 KUHP tentang Pencemaran Nama Baik, ancaman hukumannya sembilan bulan,” paparnya. (Fajar/JPG) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top