Usut Kasus Patrialis Akbar, KPK Bakal Panggil Pihak Kementan dan Kemendag – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Usut Kasus Patrialis Akbar, KPK Bakal Panggil Pihak Kementan dan Kemendag

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menindaklanjuti penyidikan kasus dugaan suap yang dilakukan oleh Basuki Hariman kepada Hakim Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memanggil pihak Kementerian Perdaganggan (Kemendag) dan Kementerian Pertanian (Kementan). Pemanggilan itu terkait dengan didapatkannya 28 yang didapatkan di kantor Basuki Hariman oleh penyidik KPK.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengaku, pihaknya berencana akan memanggil pihak Kemendag dan Kementan guna mencari bukti-bukti lain. “Jika relevan, akan dilakukan pemeriksaan saksi,” ujar Febri saat dikonfirmasi, Selasa (31/1).

Mantan penggiat anti korupsi tersebut menambahkan, selain stempel Kemendag dan Kementan, lembaga antirasywah juga menyita stempel label halal dari luar negeri.

Oleh sebab itu, Febri menduga ada upaya yang dilakukan oleh Basuki Hariman agar daging impor bisa mudah masuk ke Indonesia. “Jadi indikasi adalah agar impor daging lebih mudah masuk ke indonesia, beberapa lembaga yang terkait importasi daging itu kami temukan info awalnya,” katanya.

Sekadar informasi, dalam kasus ini lembaga yang dikepalai oleh Agus Rahardjo telah empat orang sebagai tersangka. Mereka adalah  Hakim MK Patrialis Akbar sebagai penerima suap, Kamaludin, sebagai perantara suap, dan pengusaha import daging, Basuki Hariman beserta sekretarisnya, NG Fenny.

Keempat tersangka tersebut diduga telah bersengkongkol untuk memuluskan judicial review atau uji materiil Undang- Undang (UU) nomor 14 tahun 2014 tentang peternakan dan kesehatan hewan. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top