Beruntung, Saat Bikin Pidato Nistakan Agama, Ahok Belum Terdafatar di KPU – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Beruntung, Saat Bikin Pidato Nistakan Agama, Ahok Belum Terdafatar di KPU

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- KPU DKI Jakarta menegaskan Basuki T Purnama (Ahok) baru terdaftar sebagai bakal calon Gubernur DKI Jakarta dan belum ditetapkan sebagai calon petahana pada saat ia mengucapkan pidato kontroversial yang dianggap menista agama Islam di Kepulauan Seribu.
“Penelitian berkas calon 23-29 September 2016. Penetapan calon tanggal 28 Oktober 2016. KPU belum berhak mengatur yang bersangkutan karena status yang bersangkutan belum memenuhi syarat,” kata anggota KPU DKI, Dahlia Umar, saat menjadi saksi dalam sidang dugaan penistaan agama yang digelar Pengadilan Negeri Jakarta Utara di Gedung Auditorium Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (31/1).

Menurut Dahlia, tidak ada aturan soal batasan berkampanye bagi mereka yang masih berstatus calon kandidat di Pilkada. Aturan kampanye ataupun pemberian sanksi berlaku setelah KPU menetapkan pasangan calon.

“Tidak ada sanksi, karena aturan mengikat usai ditetapkan sebagai pasangan calon. Kalau sudah ditetapkan, Bawaslu yang mengawasi gerak-gerik pasangan calon,” kata Dahlia

Pihaknya pun menegaskan tidak pernah menerima laporan soal dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok. Pada 27 September 2016 yaitu saat Ahok berdialog dengan warga di Kepulauan Seribu, KPU Jakarta masih pada tahap pemeriksaan berkas para bakal calon yang mendaftar.

“Masih pemeriksaan, belum tentu kami loloskan berkasnya,” demikian Dahlia. [ald/fajar]

To Top