Dua WN Korsel Ditangkap Imigrasi, Ini Sebabnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

Dua WN Korsel Ditangkap Imigrasi, Ini Sebabnya

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Imigrasi kelas 1 Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) mengamankan dikumen milik dua orang warga negara Asing asal Korea Selatan karena diduga menyalahi izin tinggal.

Kedua WN tersebut bernama Kim Joom Yung dan Choi Chunghyun, mereka diduga bekerja di sebuah pusat pelatihan bahasa korea yang terletak di kota Mataram.

“Kami telah menahan paspor milik kedua (WN) tersebut dan saat ini keduanya sedang kami mintai keterangan,” ujar kepala Imigrasi kelas 1 Mataram, Romi Yudianto, Rabu (1/2).

Romi mengatakan, kedua WN tersebut diduga menyalahi izin tinggal karena visa yang digunakan tak sesuai peruntukannya yaitu visa sosial budaya, dan Kartu izin tinggal (Kitas) Penyatuan keluarga.

Namun kedua WN itu menggunakan izin tersebut untuk bekerja. Padahal seharusnya kedua visa tersebut tak boleh digunakan untuk bekerja.

Sementara itu salah satu WN tersebut yaitu Chii Chunghyun merupakan seorang Profesor di sebuah universitas di Korea.

Tak hanya bekerja, namun Chi Chungyun juga menjabat sebagai wakil direktur pada tersebut.

“Kalau mereka mau bekerja seharusnya mereka menggunakan visa kerja. Tetapi ini malah menggunakan Visa sosial budaya dan kitas penyatuan keluarga. Itu udah melanggar aturan keimigrasian,” kata Romi.

Akibat perbuatannya, kedua wn tersebut dijerat dengan pasal 75 Undang Undang nomor 6 Tahun 2011 tentang keimigrasian, dengan ancaman deportasi tangkal.

Click to comment
To Top