Trump Bisa Bikin Konflik Baru – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Trump Bisa Bikin Konflik Baru

FAJAR.CO.ID- Partai Amanat Nasional (PAN) menilai kebijakan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menangguhkan masuknya imigran dari tujuh negara muslim berpotensi menimbulkan konflik baru.

“Kebijakan ini juga akan memperkeruh hubungan antar agama dan menimbulkan permusuhan di berbagai belahan dunia,” kata Wakil Ketua Umum DPP PAN Bara Hasibuan di komplek parlemen, Jakarta (Selasa, 31/1).

Menurutnya, secara umum, Amerika selama ini dikenal menjunjung tinggi keberagaman dan toleransi. Terutama terkait soal penerimaan para imigran yang terpaksa meninggalkan negaranya dengan berbagai sebab.

“Kebijakan ini jelas menodai citra negara tersebut,” ujar Bara.

Dia menambahkan, selain bisa menimbulkan ketegangan dan potensi munculnya konflik antar agama, kebijakan Trump tersebut juga tidak efektif dalam upaya memerangi terorisme. Justru, kebijakan tersebut bakal menimbulkan ekstrimisme, kebencian, dan intoleransi pada tingkat global yang merupakan akar utama terorisme.

“Usaha memerangi terorisme memerlukan kerja sama penuh umat muslim. Walaupun hanya berlaku pada tujuh negara, kebijakan ini bisa memarjinalkan umat muslim lainnya,” jelas Bara.

Diketahui, pada Jumat lalu (27/1), Trump menandatangani surat perintah yang memberlakukan penundaan selama empat bulan atas izin pengungsi dari Suriah masuk ke Amerika. Dan untuk sementara melarang masuk pengunjung dari tujuh negara berpenduduk mayoritas muslim, yakni Suriah, Iran, Irak, Libya, Somalia, Sudan, dan Yaman. [wah]

Click to comment
To Top