Ingat! Indonesia Bukan Hanya Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Ingat! Indonesia Bukan Hanya Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemilihan gubernur (pilgub) DKI Jakarta sejatinya merupakan satu di antara 101 daerah yang menggelar pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2017. Namun, Jakarta memang ’’istimewa’’. Sorotan publik seolah terfokus ke ibu kota. Media seolah berlomba menyajikan serunya pertarungan tiga pasangan yang akan memperebutkan kursi nomor satu di Jakarta.

Padahal, sekali lagi, ada 100 daerah lain di penjuru Nusantara yang juga akan memilih pemimpinnya secara langsung pada 15 Februari nanti. Ada 6 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota selain Jakarta yang melaksanakan pesta demokrasi dua pekan lagi. Tetapi, yang paling ’’ramai’’ memang pilgub Jakarta. Harus diakui, menjadi gubernur Jakarta lebih bergengsi daripada gubernur-gubernur lain.

Jakarta adalah ibu kota. Gubernur Jakarta pasti lebih terkenal ketimbang pemimpin provinsi lain. Secara finansial, pendapatan gubernur Jakarta juga jauh lebih banyak daripada gubernur Kalimantan Utara, misalnya. Jangan lupa, dari kursi gubernur Jakarta-lah seorang Joko Widodo (Jokowi) berhasil melenggang ke posisi orang nomor satu di Indonesia.

Bisa jadi, rentetan keistimewaan itulah yang membuat partai politik bertarung habis-habisan memperebutkan kursi gubernur Jakarta. Intrik dan saling sikut antarkontestan sangat vulgar. Boleh kalah di provinsi lain, asalkan tidak di ibu kota negara.

Pilgub Jakarta kali ini benar-benar menjadi ’’perang bintang’’. Tiga pasangan yang bertarung adalah sosok-sosok yang familier di mata publik. Ada mantan menteri, pengusaha ternama, dan putra mantan presiden.

Pertarungan menuju DKI-1 semakin panas ketika salah seorang calon gubenur menjadi terdakwa kasus dugaan penistaan agama. Beragam isu bergerak liar. Media sosial menjadi medan pertempuran yang sengit antar pendukung. Persidangan yang seharusnya berada di ranah hukum mulai diseret-seret atau dimasuki kepentingan politik. Situasi ini jelas bukan pemandangan yang baik bagi rakyat Indonesia.

Pilkada adalah ajang beradu ide dan gagasan. Para calon kepala daerah seharusnya diadu dalam pemaparan program. Tidak malah saling menjatuhkan.

Dan, ingat, pilkada serentak 2017 tidak hanya di Jakarta. Ada Aceh yang juga istimewa. Selain pemilihan gubernur, 20 kabupaten dan kota di Aceh akan menggelar pesta demokrasi. Kehebohan pilkada Jakarta mungkin mengalahkan daerah-daerah lain. Tetapi, kita tidak boleh lupa bahwa tanggung jawab menyukseskan pilkada juga ada di 100 daerah lain di penjuru tanah air. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top