Tahanan Anak-Anak Dititip di Polsek Tanjung Palas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Tahanan Anak-Anak Dititip di Polsek Tanjung Palas

Narapidana anak-anak harus dipisahkan dari tahanan orang dewasa agar tak dipengaruhi.

TANJUNG SELOR-DARI 136 narapidana yang ditangani Polres Bulungan, dua di antaranya merupakan tahanan  di bawah umur, dan saat ini keduanya sudah dititipkan di rumah tahanan Polsek Tanjung Palas.

Penitipan tersebut dilakukan agar narapidana dewasa dan anak-anak tidak menyatu. Sebab jika disatukan, narapidana anak-anak bisa dipengaruhi oleh narapidana dewasa sehingga bisa menganggu psikologis anak-anak tersebut.

Kapolres Bulungan AKBP Ahmad Sulaiman melalui Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Ipda Muhdar mengatakan, pemisahan tahanan dewasa dan di bawah umur tersebut merupakan salah satu prosedur kepolisian yang wajib dilaksanakan.

Alasannya, kata dia, jika tahanan digabung maka psikologis anak-anak bisa terganggu. “Jadi pasti kami pisah,” katanya kepada Radar Kaltara saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini.

Sementara untuk penitipan di Polsek Tanjung Palas, kata dia, karena Polres Bulungan belum mempunyai  rutan khusus anak-anak sehinga dititipkan di rutan Polsek.”Kenapa di Tanjung Palas karena lebih dekat,” ungkapnya.

Meski begitu, dia tetap berharap, ke depan  ada rutan khusus untuk anak-anak di Polres Bulungan, sekalipun sistem rutan di Polsek Tanjung Palas sudah cukup baik. “Agar bisa lebih efektif lagi,”  harapnya.

Dia menambahkan, ditahannya dua anak di bawah umur itu karena terlibat dalam kasus pencurian selama ini di Bulungan. Agar ada efek jera, keduanya ditahan.

“Kalau usia mereka jelas di bawah 17 tahun,” tandasnya. (don/ana)

To Top