Tahun Depan, Tol Surabaya–Malang Tersambung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Tahun Depan, Tol Surabaya–Malang Tersambung

ilustras

FAJAR.CO.ID, JATIM- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim turun tangan menyelesaikan pembebasan lahan untuk jalan tol Surabaya–Malang. Proyek pemerintah pusat itu ditargetkan tuntas akhir 2018. Namun, hingga kini masih ada 25 persen lahan yang belum bebas. Sebagian besar berupa tanah kas desa (TKD) dan tanah wakaf di wilayah kota dan Kabupaten Malang.

Gubernur Soekarwo telah memerintah Pemkab-Pemkot Malang untuk menyelesaikan masalah tersebut. ’’Kabar terakhir, sebagian besar lahan sudah siap diberi ganti rugi, tinggal menunggu lahan penggantinya,’’ katanya.

Sesuai dengan rencana, akhir 2017 jalan tol Pandaan–Purwodadi tersambung. Tahun berikutnya, ruas Purwodadi–Karangploso dikerjakan. Proyek tersebut ditargetkan tuntas akhir tahun ini. Dengan begitu, pada 2018 jalan tol Surabaya–Malang bisa tersambung. ’’Kami optimistis target itu terpenuhi,’’ tegasnya.

Saat ini jalan tol yang sudah beroperasi adalah Surabaya–Pandaan. Nanti, jalan tol tersebut diperpanjang hingga Malang dengan panjang 38,688 kilometer. Pembangunannya dibagi dalam tiga seksi. Pembangunan masing-masing seksi itu dilaksanakan hampir bersamaan. Karena itu, Soekarwo menargetkan proyek pemerintah pusat tersebut selesai dalam dua tahun.

Jalan tol tersebut akan bersinggungan dengan jalan tembus Sukorejo–Batu di kawasan Pandaan dan Purwosari. Artinya, jalur alternatif menuju Malang dan Batu semakin banyak. Bisa melalui jalan tol maupun jalan tembus yang juga ditargetkan tuntas pada 2018.

Soekarwo menyatakan, infrastruktur itu akan mendongkrak potensi perekonomian dan wisata di masing-masing daerah. Yakni, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten dan Kota Malang, serta Kota Batu. Karena itu, rencana penataan sebagai dampak pengembangan infrastruktur harus dipersiapkan sejak sekarang.

’’Jangan sampai infrastruktur baru tersebut menjadi permasalahan yang mengganggu tata kota di daerah masing-masing,’’ ujarnya.

Selain jalan tol Surabaya–Malang, pemerintah pusat mengebut pekerjaan jalan tol Surabaya–Mojokerto. Rapat tertutup antara PT Jasa Marga dan Pemprov Jatim kemarin di Gedung Negara Grahadi menghasilkan beberapa rekomendasi. Salah satunya, jalan tol Surabaya–Mojokerto harus beroperasi Juni mendatang. Target tersebut diyakini bakal terpenuhi. Sebab, sudah tidak ada kendala di lapangan.

Sebelumnya, pelaksana proyek terkendala satu rumah yang belum diberi ganti rugi. Rumah tersebut sudah diselesaikan melalui konsinyasi. Bahkan, di lapangan sudah dilakukan pengurukan. ’’Bulan ini pengerjaan bisa dilanjutkan sehingga Juni mendatang semua seksi, yakni IA, IB, II, III, dan IV, bisa beroperasi,’’ ungkap Soekarwo.

Rute jalan tol tersebut adalah Waru, Krian, Mojokerto, Jombang, hingga keluar di kawasan Kertosono. Rute tersebut sering menjadi jalur mudik warga Surabaya yang hendak menuju ke Jogjakarta dan Solo. (riq/c5/oni sep/JPG)

Click to comment
To Top