Tinjau Bekas Kebakaran Pasar Senen, Oso Bawa Ini Untuk Pedagang – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Tinjau Bekas Kebakaran Pasar Senen, Oso Bawa Ini Untuk Pedagang

FAJAR.CO.ID JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Oesman Sapta Odang (OSO), menyambangi lokasi kebakaran Pasar Senen, Jakarta.

Selain memberi dukungan moril, Ketua Umum dan Budaya Minang (Gebu Minang) ini memberi bantuan materil kepada para pedagang yang menjadi korban insiden tersebut.

Jumat (3/2) tepat pukul 14.00 WIB, OSO datang ke Pasar Senen beserta pengurus Gebu Minang.

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, OSO dan rombongan langsung meninjau lokasi kebakaran dan berdialog dengan para pedagang.

Ia menghimbau, pemerintah mengakomodir keinginan para pedagang untuk berjualan seperti semula, dan tidak dipindahkan ke lokasi lain.

“Kami berharap, pengelola Pasar Senen segera memperbaiki kawasan yang terbakar agar pasar ini berfungsi seperti semula. Terima kasih juga kepada Pemda Sumbar, dan organisasi Minang yang telah membantu saudara-saudaranya yang terkena musibah,” ucap dia.

OSO menambahkan, di tengah situasi saat ini, kondisi psikologis para korban kebakaran berada dititik nadir.

Karenanya, kehadiran Gebu Minang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Minang yang menjadi korban dalam musibah ini.

“Kami datang untuk memberikan sedikit bantuan demi mengurangi kesulitan dan kesedihan mereka. Kami mengedepankan sikap gotong royong dan kebersamaan sebagai masyarakat Minang. Ini bukan politik etnis,” tegas OSO.

Selain menyerahkan bantuan sebesar Rp 223 juta kepada para pedagang, ia mendorong, pemerintah untuk membangun komitmen senada.

Menurut dia, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan pilar ekonomi nasional, sehingga pemerintah harus berjuang keras untuk menumbuhkan sektor tersebut.

“(Musibah) ini merupakan momen kebangkitan, bukan kebakaran. Kalau betul kebakaran alamiah, maka tidak akan berubah untuk pengusaha menengah ke bawah. Bukan menyingkirkan yang lemah dengan membangun mall yang indah,” tegas dia.

Ketua Forum Komunikasi Pedagang Pasar Senen, Effendi menyambut baik bantuan tersebut.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Oesman Sapta Odang. Gebu Minang ikut membantu kami di tengah kesulitan ini,” ujar Effendi.

Diketahui, pada Kamis 19 Jan 2017 sekitar pukul 04:15 WIB, Pasar Senen yang berlokasi di Jakarta Pusat, dilalap ‘si jago merah’.

Sebanyak 17 mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi. Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 1.500 pedagang kehilangan lapaknya dan mengalami kerugian hungga ratusan milar rupiah.

Click to comment
To Top