Penggantian Surat Suara yang Rusak Tunggu Hasil Rekap – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Penggantian Surat Suara yang Rusak Tunggu Hasil Rekap

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan segera mengganti surat suara yang rusak. Saat ini, pergantian logistik pilgub tersebut masih harus menunggu laporan resmi dari KPU kota dan kabupaten. Pasalnya, walaupun proses penyortiran dan pelipatan surat suara sudah rampung, petugas masih melakukan pengecekan.

“Untuk total jumlah surat suara yang rusak, kami belum bisa sampaikan. Sebab saat ini masih dicek kembali oleh petugas KPU kotamadya,” ujar Ketua Pokja Logistik KPU DKI Muhammad Fadhillah, Jumat (3/1).

KPU DKI akan menghubungi perusahaan pemenang tender, untuk mengganti surat suara yang rusak. Fadhillah juga mengatakan, terkait logistik pilgub pihaknya selalu berkoordinasi dengan jajarannya di kota. “Yang jelas, begitu total surat suara rusak sudah diketahui, segera dilakukan penggantian,” imbuh dia.

Misalnya, KPU Jakarta Utara yang semula ada sekitar 17 ribu lebih surat suara yang rusak, setelah dicek jumlahnya tidak sebesar itu. Melainkan sekitar 8.000 surat suara saja. Pihaknya masih menunggu hasil rekap di seluruh kotamadya. “Itu nanti akan diganti secepatnya. Secara umum semua logistik sudah siap. Tidak ada masalah,” kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPU Jakata Utara Abdul Muin mengatakan, surat suara yang  rusak sekitar 17.099. Namun begitu, penyelenggara pemilu tersebut melakukan pengecekan ulang. Sedangkan di Jakarta Pusat, jumlah surat suara yang rusak tidak banyak. “Setelah dilakukan penyortiran, jumlah surat suara yang rusak sekitar 500,” ujar Ketua KPU Jakarta Pusat Arif Bawono.

Pihaknya akan membuat berita acara. Serta melaporkan ke provinsi untuk dilakukan pergantian. Sementaa itu, di KPU Jakarta Barat, proses penyortiran dan pelipatan surat suara juga sudah rampung. “Untuk surat suara yang rusak, sekitar 6.000 lebih. Kami akan buat BAP dan melaporkan hal itu ke provinsi,” ujar Ketua KPU Jakarta Barat Sunardi Sutrisno. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top