Polisi Hentikan Kasus Wanita Bugil Pengendara Motor, Alasannya… – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Polisi Hentikan Kasus Wanita Bugil Pengendara Motor, Alasannya…

FAJAR.CO.ID, PONTIANAK – Masih ingat dengan Rusmiati alias Dona, gadis 27 tahun yang menghebohkan warga Kota Pontianak dan Kubu Raya karena mengendarai sepeda motor sambil telanjang? Kini dia sudah berada di daerah asalnya, Sukabumi, Jawa Barat. Dona bebas dari hukum lantaran dinyatakan mengalami gangguan jiwa alias gila.

“Penyidikan terhadap Dona kami hentikan atau SP3,” kata Kasatreskrim Polresta Pontianak Kompol Andi Yul Lapawesean kemarin.

SP3 tersebut, kata Andi, menyusul adanya surat pemberitahuan dari tim medis Rumah Sakit Jiwa Daerah Sungai Bangkong. Hasil observasi pemeriksaan psikologis, Dona memiliki kemampuan umum yang berada pada taraf di bawah rata-rata dari kelompok umurnya. Bahkan, ada indikasi trauma kekerasan fisik dan mental yang dialami Dona. Kondisi itu berpengaruh pada kesalahan penempatan identitas diri yang mengarah pada perilaku seksual.

Hasil observasi lainnya, ada penurunan kemampuan mental yang menjadikan arus pikiran Dona terputus atau mengalami sisipan yang mengakibatkan inkoherensi atau pembicaraan tidak relevan. Misalnya, saat menjawab pertanyaan dengan baik-baik dan lancar walaupun isi pembicaraan terkadang menyimpang dari topik pembicaraan (inkoheren).

Dona juga diindikasikan merasa bersalah yang mendalam (guilty feeling) akan pekerjaan yang sedang dilaksanakan. “Kesimpulan akhir berdasarkan hasil observasi dan psikotes proyeksi uji mentalis, Dona terindikasi mengalami gangguan jiwa skizoafektif tipe depresif. Yaitu, suatu diagnosis gangguan kejiwaan yang termasuk diagnosis sakit jiwa ,” jelas Andi. (Fajar/JPG)

To Top