Jakarta Jadi Barometer Pilkada Serentak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Jakarta Jadi Barometer Pilkada Serentak

FAJAR.CO.ID, JAKARTA- Eksposure Pilkada DKI Jakarta yang luar biasa membuat pengamat politik asal UIN Adi Prayitno angkat bicara.

Usai diskusi di kawasan Cikini, dia menjelaskan bahwa proses suksesi politik di Ibu Kota mampu menyita perhatian sehingga menenggelamkan ratusan Pilkada serentak di daerah lainnya.

“Memang, Pilkada kali ini Jakarta sentris. Tidak ada Pilkada lain yang diblow up, dibicarakan, diperhatikan dan diikuti seluruh masyarakat di Indonesia dibanding Jakarta,” terangnya, Sabtu (4/2) sore.

Meski demikian, dia mengingatkan bahwa masyarakat Jakarta yang telah dewasa, jangan sampai karena Pilkada digerakkan dan diarahkan memecahkan ukhuwah yang selama ini telah terbangun dengan baik.

“Ini Pilkada DKI menjadi barometer, menjadi contoh. Gunakanlah cara-cara Politik yang biasa saja, karena ini bisa memicu di daerah lain melakukan yang sama. Pakai politik bisa sajalah, agar tidak sampai mengorbankan ukhuwah warga yang selama ini sudah terbangun,” ucapnya.

Ada dua efek yang kemungkinan bakal terbawa ke daerah, di Pilkada lainnya nanti. Itu terkait dengan proses konfrontasi dan politik yang telah memanas saat ini di ibu kota. Kalau warga Jakarta bisa menunjukkan perdamaian sampai semua usai, maka efeknya akan terbawa ke daerah.

“Kalau di Jakarta damai, semua Pilkada serentak akan damai. Kalau tidak, memanas akan terbawa ke daerah. Jangan sampai karena konfrontasi di Pilkada DKI, rakyat dirugikan,” tuturnya. (dkk/jpnn)

Click to comment
To Top