Lho Kok, Ratusan Ikan Mati Bisa Mendadak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Lho Kok, Ratusan Ikan Mati Bisa Mendadak

ilustrasi

FAJAR.CO.ID- Ratusan ikan ditemukan mati mendadak di Situ Citongtut, Desa Cicadas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Penemuan tersebut pun membuat warga Perumahan Bumi Setu Indah, Desa Cicadas, Kecamatan Gunungputri, Warga kaget.

Warga menduga ikan-ikan ini mati karena setu tercemar limbah pabrik di sekitarnya.

Padahal, tak lama lagi di Situ Citongtut akan diadakan lomba memancing. Banyaknya ikan mati ini mengundang perhatian dan kekhawatiran, khususnya warga Perumahan Bumi Setu Indah Cicadas.

Tini (27), warga sekitar menuturkan, ikan terlihat gambang dan mati sejak Kamis (2/2) pagi. Sehari sebelumnya, mereka tidak menemukan hal-hal aneh di sekitar setu.

“Saya melihat pagi kemarin ikan sudah ngambang di situ pas antar anak sekolah. Memang di situ ini airnya tidak biasa, warnanya hijau pekat, mirip lumut,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Sambung, sebelumnya di kampungnya memang diguyur hujan. Dia menduga air situ tercemar limbah pabrik di sekitar Desa Cicadas dan Wanaherang. “Kejadian ratusan ikan mati ini sudah tiga kali,” tuturnya kepada Radar Bogor (Jawa Pos Group) hari ini.

Sementara itu Satgas Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kecamatan Gunungputri, Bety Nuryastuti menjelaskan, timnya sudah datang dan mengecek ke lokasi. Mereka sudah mengambil sampel air situ.

“Kami masih menunggu hasil laboraturium. Dari pantauan kami memang terjadi perubahan warna air situ. Namun, untuk memastikan air tercemar atau tidak, masih menunggu hasil uji laboratorium,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Bila memang ada pencemaran dari pabrik, tuturnya, mereka akan cari dan lakukan tindakan. “Intinya kami masih menunggu proses leb yang sedang dilakukan, jadi belum bisa berkomentar banyak,” paparnya.(cr2/c)

Click to comment
To Top