Lagi Asik2 tidur, Tiba-tiba Polisi Datang, Dua Pencuri Hanya Pasrah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Lagi Asik2 tidur, Tiba-tiba Polisi Datang, Dua Pencuri Hanya Pasrah

Ondong dan DV berikut barang bukti hasil curian saat diamankan di Mapolsek Balikpapan Barat.

FAJAR.CO.ID, BALIKPAPAN  –  Dua orang pelaku tindak pidana pencurian diringkus Unit Reskrim Polsek Balikpapan Barat. Keduanya diringkus saat tertidur lelap di rumahnya di Jalan Sepakat III, Kelurahan Baru Tengah, Balikpapan Barat, Sabtu (4/2) sekira pukul 23.30 Wita.

Kedua tersangka tersebut diketahui bernama Rahman alias Ondong (24), residivis kasus pencurian, dan temannya berinisal DV (17). Mereka melakukan pencurian di rumah tetangganya sendiri bernama Andini pada 29 Desember 2016, sekira pukul 05.00 Wita. Kejadian bermula saat korban hendak tidur dan meletakkan dua unit HP di samping bantal.

Kedua tersangka mencongkel jendela kamar korban. Mereka mengambil dua HP korban, kemudian melarikan diri.

“Setelah terbangun, saya lihat HP sayakok sudah tidak ada. Hilang. Saya lihat, jendela terbuka,” ujar Andini di hadapan petugas.

Setelah lebih sebulan melakukan penyelidikan, akhirnya petugas mencurigai Ondong sebagai pelakunya. Benar saja, HP milik korban masih berada di tangan pelaku karena belum dijual.

“Karena dari hasil penyelidikan mengarah ke pelaku, barang bukti milik korban juga ada di pelaku, kami perintahkan untuk melakukan penangkapan,” terang Kapolsek Balikpapan Barat Kompol I Putu Yasa SH, kemarin.

Saat ditangkap, Ondong dan DV tidak dapat berkutik, karena polisi mendapati barang bukti HP milik korban. Saat ditanya hasil curian lainnya, mereka mengatakan sudah dijual. “Dari tangan pelaku, kami mengamankan satu unit HP milik korban dan uang tunai Rp 522 ribu hasil penjualan HP lainnya yang dicuri,” beber Putu.

Akibat perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang Pencurian, dengan ancaman hukuman lima tahun penjara. “Saat ini keduanya sudah kami amankan dan masih dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ada TKP lainnya lagi, jadi masih dikembangkan,” tandasnya. (pri/war/k1)

Click to comment
To Top