Masa Tenang, Akun Medsos Harus Ditutup – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Masa Tenang, Akun Medsos Harus Ditutup

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta meminta kepada setiap tim pemenangan pasangan calon agar mencabut semua alat peraga kampanye saat memasuki masa tenang. Alat peraga yang dimaksud yakni berupa baliho, spanduk, banner dan lain sebagainya yang berisi muatan kampanye para kandidat Pilgub DKI.

“Ketentuannya yang membersihkan adalah tim kampanye pasangan calon (paslon),” ujar Ketua KPU DKI Sumarno di kantornya, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (7/2).

Jika tidak ada pergerakan dari tim paslon, kata Sumarno, maka akan dilakukan pembersihan oleh Badan Pengawas Pemilu DKI. “Bawaslu berkoordinasi dengan satpol PP akan melakukan pembersihan alat peraga kampanye dimulai dari masa berakhirnya kampanye,” terangnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, tak hanya alat peraga kampanye saja yang dibersihkan saat masa tenang. Melainkan juga akun-akun media sosial yang digunakan paslon dan tim pemenangannya untuk berkampanye.

Sumarno menerangkan, Bawaslu DKI nantinya akan bekerja sama dengan Polda Metro melakukan pengawasan di media sosial. “Kemudian mereka melakukan pengawasan apakah medsos (paslon) melakukan kegiatan kampanye atau tidak. Akun resmi para paslon juga harus ditutup paling tidak sebelum tanggal 12 (Februari),” pungkasnya.

Seperti diketahui, masa kampanye Pilgub DKI digelar mulai 28 Oktober 2016 dan berakhir di 11 Februari 2017. Masa tenang akan berlangsung dari 12 hingga 14 Februari 2017. (Fajar/JPG)

To Top