Menpan-RB: Arsiparis Harus Orang Pintar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Menpan-RB: Arsiparis Harus Orang Pintar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – ‎Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur mengaku kecewa dengan sistem arsip baik di instansi pusat maupun daerah.

Dikatakan, banyak yang tidak perhatian dengan sistem arsip karena dinilai bukan pekerjaan populer.

“Banyak yang anggap enteng arsip, padahal ini adalah pekerjaan vital. Terbukti banyak daerah yang capaiannya gagal karena datanya tidak menunjang,” kata Asman saat membuka Rakor Pembinaan Jabatan Fungsional Arsiparis di Jakarta, Selasa (7/2).

Diceritakannya, saat berkunjung ke daerah dan mencari penyimpanan arsip akte kelahiran, ternyata disimpan di lemari yang disatukan dengan penyimpanan makanan, helm, dan sepatu.

Bahkan di beberapa instansi pusat, tidak ada ruangan khusus menyimpan arsip. Arsip hanya diletakkan di rak paling bawah.

“Saya prihatin dengan pengelolaan arsip. Berikutnya, saya akan wajibkan seluruh SKPD untuk mengurus arsip dengan baik. Arsiparis harus orang pintar, bukan PNS yang sudah masuk kotak diarsipkan,” imbuhnya.

Untuk menghargai tenaga arsiparis, menurut Asman, pihaknya akan menaikkan tunjangan kinerja bagi PNS yang mau menggeluti bidang arsip. Sebab, arsip itu sangat penting dan urusan vital. (Fajar/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top