Buat Para Wanita, Kenali Tiga Penyebab yang Bikin Meninggal Saat Bersalin – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Buat Para Wanita, Kenali Tiga Penyebab yang Bikin Meninggal Saat Bersalin

ilustrasi

FAJAR.CO.ID- Angka Kematian Ibu (AKB) masih menjadi masalah yang harus diatasi. Banyak faktor yang menyebabkan ibu meninggal dunia saat proses persalinan.

Saat melahirkan, seorang ibu bertaruh antara hidup dan mati. Segala kemungkinan terburuk bisa saja terjadi, baik ibunya meninggal atau bayinya.

Melahirkan bisa menimbulkan berbagai komplikasi tertentu sehingga banyak tindakan pencegahan yang harus diambil. Ada tiga penyebab umum yang mengakibatkan ibu meninggal dunia selama proses persalinan seperti dilansir Boldsky, Selasa (7/2).

Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)
Salah satu penyebab paling umum untuk kematian ibu adalah hipertensi, atau tekanan darah tinggi. Jika ibu sudah menderita tekanan darah tinggi sebelum melahirkan maka dapat meningkat selama persalinan.

Akibatnya kondisi ini merangsang ibu kehilangan darah yang berat atau henti jantung karena kontraksi rahim. Akibatnya dapat menyebabkan kematian ibu. Jadi, cek kehamilan secara berkala penting dilakukan apalagi jika sang ibu menderita hipertensi.

Perdarahan Kandungan
Perdarahan kandungan adalah keadaan darurat medis yang juga dapat menyebabkan kematian ibu saat melahirkan anak. Dalam kondisi ini, ada banyak perdarahan yang dialami oleh wanita secara internal.

Jadi, jika dokter tidak dapat menghentikan perdarahan atau jika penanganan medis tidak segera diberikan akan terjadi perdarahan hebat. Perdarahan yang berlebihan dapat menyebabkan kegagalan organ dan menyebabkan kematian ibu.

Rahim Robek
Rahim robek atau Ruptur Uteri adalah robeknya dinding uterus pada saat kehamilan atau atau persalinan. Selama persalinan, rahim wanita mengalami serangkaian kontraksi untuk mendorong bayi keluar melalui pembukaan vagina.

Dalam beberapa kasus, kontraksi yang begitu kuat membuat rahim bisa pecah sehingga mendorong terjadinya perdarahan dan mengakibatkan kematian. (cr1/JPG)

Click to comment
To Top