Curhatan SBY Mulai dari Penyadapan Hingga Isu Makar – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Politik

Curhatan SBY Mulai dari Penyadapan Hingga Isu Makar

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengaku saat ini respon negara dan penegak hukum menjadi datar ketika ada indikasi terjadinya penyadapan. SBY menduga telah disadap saat melakukan pembicaraan dengan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin.

Hal itu terungkap dalam sidang dugaan penodaan agama terhadap terdakwa Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). “Karena penyadapan itu ilegal yang bermotifkan politik,” ujar SBY dalam pidato politiknya di perhelatan Dies Natalies ke-15 Partai Demokrat, JCC, Jakarta, Selasa (8/2) malam.

Menurut Presiden keenam ini, setidaknya penghujung tahun 2016 yang lalu, negara dalam hal ini penegak hukum, telah menangkap sejumlah aktivis politik. Mereka dituduh melakukan makar. “Tentu ini jenis kejahatan yang serius. Jika memang terbukti melakukan tindakan makar, hukum harus ditegakkan dengan tegas,” katanya.

Selain itu, pria asal Pacitan, Jawa Timur tersebut juga mengaku tidak pernah setuju dengan penjatuhan Presiden di tengah jalan tanpa alasan yang dibenarkan oleh konstitusi. Sehinga masyarakat saat ini sedang menanti pengadilan dalam kasus dugaan makar ini.

“Rakyat akan menjadi saksi sejarah ketika mereka-mereka yang dituduh melakukan makar tersebut diadili,” katanya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top