Simak! Pendapat SBY Terkait Kasus Ahok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Simak! Pendapat SBY Terkait Kasus Ahok

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) megatakan, di penghujung 2016 bangsa Indonesia mendapat ujian. Yakni, situasi sosial dan politik yang memanas.

Menurut SBY, hal tersebut dipicu oleh perkataan Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang dinilai melakukan penistaan terhadap agama Islam.

“Dari isu yang sebenarnya cukup sederhana, akibat pengelolaan awal yang tidak tepat, akhirnya berkembang menjadi isu yang rumit dan sensitif,” ujar SBY dalam Dies Natalies ke-15 Partai Demokrat, JCC, Jakarta, Selasa (7/2).

Menurut SBY, dirinya tetap berpendapat bahwa kasus hukum Ahok bukanlah isu kebhinnekaan, bukan isu SARA, dan juga bukan isu NKRI. Namun, dalam perkembangannya seperti ada politisasi dan penggeseran dari isu aslinya. Akibatnya, hubungan antar identitas tertentu menjadi tegang.

“Masyarakat justru bercuriga, jangan-jangan ada pihak tertentu yang ingin membenturkan satu identitas dengan identitas yang lain,” katanya.

Oleh karenanya, dirinya berpendapat, ketegangan sosial-politik itu harus segera diakhiri. Jangan justru dipelihara, apalagi dibesar-besarkan. Marilah semua pihak petik hikmah dan pelajaran yang berharga dari peristiwa tersebut dengan pandai bertoleransi dan bertenggang rasa.

“Setelah itu, marilah kita lanjutkan perjalanan kita. Melangkah ke depan. Move on. Masih banyak tugas dan pekerjaan rumah yang harus kita selesaikan bersama di masa depan,” ungkapnya.

Karenanya, SBY mengajak menghormati proses penegakan hukum Ahok yang kini tengah berlangsung. Berikan ruang kepada penegak hukum untuk menegakkan keadilan. Putusan apapun mesti kita hormati. Bebaskan segala intervensi dari pihak manapun. (Fajar/JPG)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top