Tahun Ini 2.715 Koperasi Bakal Dibubarkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Tahun Ini 2.715 Koperasi Bakal Dibubarkan

FAJAR.CO.ID MAKASSAR – Sebanyak 2.715 koperasi di Sulsel telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pembubaran dari Kementerian Koperasi dan UMKM pada tahun 2017 ini.

Kepala Dinas Koperasi adan UMKM Syamsu Alam Ibrahim mengatakan SK pembubaran dari Kementerian ini, akan menjadi acuan bagi pemprov Sulsel untuk membubarkan atau merevitalasi 2.715 koperasi tersebut.

Meski demikian, kata Syamsu Alam Ibrahim, untuk pembubaran 2.715 di Sulsel ini menunggu waktu 6 bulan, sejak dikeluarkamnya SK tersebut.

Apabila sebelum 6 bulan, ada di antara pengelola koperasi yang menerima SK pembubaran menghadap ke Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel, maka akan dilakukan klrafikasi kemungkinan masih dapat diaktifkan atau tidak.

“Kalau Sebelum 6 bulan ada tanggapan. Maka berhak diundang untuk diklarifikasi apakah masih berhak aktif atau tidak,” kata Syamsu Alam Ibrahim, Rabu (8/2).

Sementara itu, koperasi yang tersangkut kasus hukum, untuk sementara akan dinonaktifkan sampai proses hukum selesai di peradilan

“Ini kan yang bermasalah adalah oknum. Koperasinya tetap eksis nantinya dengan kriterian tertentu,” kata Syamsu Alam Ibrahim.

Syamsu Alam Ibrahim menjelaskan, banyaknya koperasi yang mendapatkan SK pembubaran dari kementerian, karena Sumber Daya Manusia masih minim dalam hal pengelolaan.

Click to comment
To Top