Fokus ke Wisata Ambon, Menko Maritim Targetkan Pendapatan US$ 20 M – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Fokus ke Wisata Ambon, Menko Maritim Targetkan Pendapatan US$ 20 M

FAJAR.CO.ID, AMBON – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, saat ini Pemerintah sedang serius mengembangkan pariwisata Indonesia, terkhusus di daerah Timur Indonesia.

Guna meningkatkan potensi wisata, Menko Maritim bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya meluncurkan Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona di Pantai Halong, Ambon. Gerakan ini sebagai satu langkah peduli terhadap kebersihan pantai di kota bertajuk Manise ini.

Menurut Luhut, pemerintah sedang menargetkan pendapatan US$ 20 miliar dari turis luar negeri. Apalagi kata Luhut, Ambon termasuk salah satu daerah yang bagus untuk kawasan wisata bahari.

Potensi ini bisa dijual untuk menarik perhatian para wisatawan asing. Untuk itu, Luhut menghimbau kepada masyarakat kota Ambon untuk selalu menjaga kebersihan laut.

Luhut menjelaskan, dari hasil penelitian, plastik bisa membuat fenetik rusak. dampaknya terhadap biota laut terutama ikan sangat berbahanya. “Makanya ibu ibu jangan buang sampah di laut. Dan ini penting untuk dilakukan,” kata Luhut di Ambon, saat menghadiri Hari Pers Nasional, Kamis (9/2).

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menperin), Arief Yahya yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menambahkan, Gerakan Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona merupakan satu di antara 10 program prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tahun ini.

Hal ini sebagai upaya meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia di ranah persaingan global, antara lain dengan memperbaiki kelemahan pada unsur safety and security, health and hygiene, ICT readiness, enviromental sustainability, maupun tourist service infrastructure.

Menurut Arief, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengamanatkan agar pertumbuhan sektor pariwisata dipercepat dan diakselerasikan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Program pembangunan lima tahun ke depan yang fokus pada infrastruktur, maritim, energi, pangan, dan pariwisata, menempatkan pariwisata sebagai leading sector.

“Wisatawan dunia akan memilih berlibur ke destinasi negara-negara yang memiliki ranking yang bagus dengan pertimbangan karena akan lebih nyaman,” ungkapnya. (Aiy/Fajar)

Click to comment
To Top