Simak! 4 Fakta dan Mitos Tentang HIV/AIDS – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

Simak! 4 Fakta dan Mitos Tentang HIV/AIDS

FAJAR.CO.ID – Selama ini telah diketahui bahwa Human Immunodeficiency Virus (HIV) merupakan virus penyebab Aqquired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dan dapat berlangsung bertahun-tahun tanpa gejala. Banyak orang yang tertular HIV namun tidak menyadari dirinya tertular.

Setiap orang memiliki risiko terinfeksi HIV. Mereka dengan perilaku berisiko disarankan untuk memeriksakan diri sedini mungkin. Misalnya mereka yang menggunakan narkotika suntik bergantian, berhubungan seks berganti-ganti pasangan atau sesama jenis, pengguna jarum tidak steril pada transfusi atau tato.

Ada empat mitos yang keliru seputar HIV/AIDS seperti dilansir Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Kamis (9/2).

Mitos dan Fakta 1
Orang yang baru didiagnosis HIV/AIDS akan segera meninggal. Faktanya, pemakaian obat dan program pengobatan yang baik akan memungkinkan mereka yang terinfeksi untuk hidup normal, sehat, dan produktif dalam beberapa waktu, asalkan minum obat secara teratur seumur hidup.

Mitos dan Fakta 2
Seseorang dapat terinfeksi HIV/AIDS melalui gigitan nyamuk. Faktanya, virus HIV tidak dapat hidup dalam tubuh nyamuk, partikel virus yang dihisap oleh nyamuk tidak banyak.

Mitos dan Fakta 3
Menggunakan toilet bersama pengidap HIV dapat tertular HIV. Faktanya, virus HIV tidak terdapat di air seni sehingga menggunakan toilet bersama tak menularkan HIV.

Mitos dan Fakta 4
Seseorang dapat terinfeksi HIV/AIDS melalui makanan kaleng atau buah-buahan yang terkontaminasi virus. Faktanya, cairan yang mengandung virus HIV/AIDS dapat tertular pada darah termasuk darah menstruasi, cairan sperma, cairan vagina, cairan yang terdapat pada anus, dan Air Susu Ibu (ASI). (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top