Wow, 15 Negara Ikut Pantai Pilgub DKI Jakarta – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Wow, 15 Negara Ikut Pantai Pilgub DKI Jakarta

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Sebanyak 15 negara akan ikut memantau penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017. Mereka nantinya bakal menyebar ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada hari pencoblosan, Rabu (15/2) pekan depan.

“Akan ada 15 negara pemantau yang akan ikut memantau Pilkada DKI Jakarta,” kata Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bidang sosialisasi, Betty Epsilon Idroos, saat jumpa pers, di kantornya, Jalan Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Dia memaparkan, 15 negara asing itu antara lain adalah Singapura, Malaysia, Filipina, Amerika Serikat, Australia dan termasuk Uni Eropa. Kehadiran mereka, kata dia, hanyalah memantau proses pemungutan suara.

“Jadi ini sudah kesepakatan internasional, beberapa negara itu kalau ada kegiatan pemilu di suatu tempat biasanya mereka ikut memantau, observer saja. Misal, bagaimana sih Indonesia melakukan kegiatan pemilunya, termasuk Pilkada DKI Jakarta 2017,” urai Betty.

Lagi pula, kata dia, kelima belas negara yang akan ikut memantau Pilkada DKI Jakarta 2017 itu sudah diverifikasi dan diakreditasi oleh KPU RI. Begitu pula dengan TPS yang akan mereka pantau, hanya berdasarkan kategori tertentu.

“Jadi sudah ada beberapa kategorisasi TPS, ada di Lapas, Rutan, ada juga di daerah kumuh dan daerah elit. Mereka akan tersebar. Tapi nanti mereka datangnya rombongan dan kita yang melayani,” tandasnya. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top