5 Hal Ini Penting Diperhatikan di 1000 Hari Pertama Pertumbuhan Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kesehatan

5 Hal Ini Penting Diperhatikan di 1000 Hari Pertama Pertumbuhan Anak

FAJAR.CO.ID – Anak merupakan investasi bangsa yang sangat berharga di masa depan. Kampanye 1000 hari kehidupan pertama saat ini terus digalakkan. Pada usia nol sejak di dalam kandungan hingga dua tahun merupakan periode penting. Periode ini disebut dengan masa keemasan (golden age) bagi anak. Pada masa ini pertumbuhan otak pada anak sangat pesat.

Pemberian makan yang optimal pada periode tersebut sangat penting untuk menunjang pertumbuhan otak. Ada empat hal penting yang wajib dilakukan ibu cerdas pada bayi di usia ini seperti dilansir Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Depok, Jumat (10/2).

Inisiasi Menyusu Dini (IMD)
Ini adalah tahap paling penting saat bayi pertama kali dilahirkan. Biarkan bayi meraba dan merayap di dada ibu untuk menemukan puting ibu. Beri bayi kesempatan menyusu sendiri segera lahir selama minimal 1 jam.

Beri ASI Eksklusif
ASI eksklusif penting diberikan agar bayi tumbuh sehat dan cerdas. Bayi ASI akan lebih tangguh terhadap penyakit, daya tahannya jauh lebih bagus. Berikan ASI kepada bayi hingga berumur 6 bulan.

MP ASI
Bayi boleh diberikan Makanan Pendamping (MP) ASI bergizi setelah usia 6 bulan tanpa menghilangkan asupan ASI. Tetap berikan ASI pada anak hingga usia 2 tahun.

Ajarkan Anak Hidup Bersih
Sejak dini, apalagi saat anak sudah mulai merangkak dan berjalan, ajarkan anak untuk hidup bersih. Caranya dengan mengajarkan dia membiasakan cuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah makan.

Makanan Bergizi
Berikan anak dalam periode emas ini dengan makanan bergizi. Ajarkan anak untuk menyantap makanan gizi seimbang dengan makanan kaya vitamin, mineral, dan serat dari buah dan sayuran. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top