Ide Tempat  Liburan yang Asik di Akhir Pekan: Baluran yang Eksotis – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Budaya & Pariwisata

Ide Tempat  Liburan yang Asik di Akhir Pekan: Baluran yang Eksotis

Bulan Februari ini memang tidak ada tanggal merah atau ‘hari kejepit’ yang bisa dimanfaatkan untuk liburan panjang. Tapi bukan berarti Anda tidak bisa pergi liburan dan melepas stres. Manfaatkan libur Sabtu – Minggu untuk short escape ke destinasi wisata yang pemandangannya indah tanpa harus menguras banyak biaya.

Bingung mau cari tempat liburan yang asik di akhir pekan ini? Coba ke tempat wisata Taman Nasional Baluran di Situbondo, Jawa Timur. Taman seluas 25.000 hektar ini dikenal sebagai Afrika-nya Jawa. Di sini ada savana Bekol seluas 300 hektar yang begitu eksotis. Baluran juga menjadi habitat Banteng Jawa yang langka dan satwa lainnya seperti rusa, macan tutul, dsb.

Perpaduan ekosistem savana dengan latar belakang Gunung Baluran serta keanekaragaman satwa di Baluran menciptakan visual yang magis dan membuat Gunung Baluran menjadi salah satu tempat liburan yang asik. Terutama pada sore hari menjelang matahari terbenam. Suasananya mirip Serengeti National Park di Tanzania. Aktivitas satwa mayoritas terjadi di pagi dan sore hari.

Saat musim kemarau, savana Bekol akan terlihat gersang karena rumput-rumputnya mengering dan menjadi berwarna kecokelatan. Begitu eksotis. Saat musim hujan, visualnya berubah menjadi hamparan padang rumput yang hijau dan menyejukkan mata. Pesonanya berbeda tapi tetap menghipnotis siapa pun yang melihatnya.

Pastikan Anda naik ke menara pandang untuk melihat keseluruhan topografi wisata Taman Nasional Baluran. Anda akan melihat kontrasnya savana Bekol dengan hutan Evergreen. Dinamakan demikian karena hutan ini selalu hijau dan rimbun meski musim kemarau.

Anda akan melewati hutan Evergreen ketika ingin menuju savana. Dari pintu masuk Taman Nasional, jaraknya kurang lebih 5 km. Sementara savana Bekol sendiri berjarak sekitar 12 km dari pintu masuk. Satwa yang tinggal di hutan Evergreen di antaranya: ayam hutan, merak dan burung-burung langka lainnya.

Selain savana Bekol dan hutan Evergreen, Taman Nasional Baluran juga punya pantai Bama. Pasirnya putih, ombaknya tenang dan bisa untuk snorkeling. Pantai perawan ini banyak dihuni oleh monyet ekor panjang. Hati-hati dengan barang bawaan atau aksesoris yang Anda kenakan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata Taman Nasional Baluran tergolong cukup murah. Bagi wisatawan domestik hanya dikenakan biaya Rp 5.000 (Senin – Jumat) dan Rp 7.500 (Sabtu, Minggu, hari libur). Untuk kendaraan roda empat, dikenakan biaya masuk Rp 10.000 (Senin – Jumat) dan Rp 15.000 (Sabtu, Minggu, hari libur).

Cara ke Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran berada di Jl. Raya Situbondo – Banyuwangi, desa Wonorejo, kecamatan Banyuputih, kabupaten Situbondo, provinsi Jawa Timur. Jika ingin berkunjung ke tempat wisata Taman Nasional Baluran, pertama-tama Anda harus mendarat di Surabaya terlebih dulu.

Dari bandara internasional Juanda, naik bus DAMRI jurusan terminal Bungurasih. Setibanya di terminal Bungurasih, lanjutkan perjalanan dengan bus tujuan Banyuwangi via Situbondo. Bus akan lewat persis di depan pintu masuk Taman Nasional Baluran.

Berminat ke Taman Nasional Baluran untuk menikmati tempat liburan yang asik? Cari dan pesan tiket pesawat ke Surabaya paling murah di Reservasi.com. Selain tiket pesawat, Anda juga bisa cari dan pesan hotel paling murah di Surabaya lewat situs ini. Mau tahu lebih banyak? Langsung saja klik www.reservasi.com.

Click to comment
To Top