Owalah.. Padahal Cuma Ditinggal Sholat, Rp93 Juta Langsung Raib – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Kriminal

Owalah.. Padahal Cuma Ditinggal Sholat, Rp93 Juta Langsung Raib

FAJAR.CO.ID, MUARA TEWEH–Kantor pemerintah di Kabupaten Batara tidak lepas dari sasaran pelaku kriminal. Buktinya, Kantor Disbudparpora Batara di Jalan Tumeggung Surapati Muara Teweh disatroni. Uang Rp 93.700.000 yang disimpan dalam tas bendahara Puspo raib, Selasa (7/2) malam.  Pencurian terjadi saat Bendahara Disbudparpora Batara, Puspo pergi ke Masjid At Taqwa untuk salat magrib. Ketika meninggalkan ruang kantornya dalam keadaan terkunci. Ketika itu, pelaku masuk ruangan dengan cara mencongkel pintu. Sebelum pergi ke masjid, terlebih dahulu Puspo menutup pagar kantor  dan tidak melihat siapa-siapa.

Puspo paling lama lima menit meninggalkan kantor. Saat kembali ke ruangan, betapa kaget Puspo karena pintu dalam keadaan terbuka. Sementara tasnya raib bersama uang puluhan juta dan ponsel. “Saya kaget pintu ruangan dalam keadaan terbuka, saat periksa tas saya juga sudah raib berserta uang,” tutur Puspo, Rabu (8/2).

Kadisbudparpora Batara, H Arbaidi SE MIP mengatakan, kejadian pencurian yang ketiga kalinya. Sebelumnya, pencuri pernah masuk dengan mencongkel di ruangan yang sama, dan berhasil membawa kabur laptop serta CPU komputer. Selain itu, pegawai kantor juga pernah kehilangan uang saat melaksanakan kerja bakti di kantor. “Ini untuk ke sekian kalinya maling beraksi di kantor kami. Ada juga pegawai kehilangan uang Rp 500 ribu saat melaksanakan kerja bakti,” ungkap Arbaidi.

Dijelaskan Arbaidi, uang yang hilang adalah uang persediaan (UP) dan baru ditarik Rp 200 juta. Sebagian sudah disalurkan dan tersisa Rp 93.700.000. Uang itu rencana mau dimasukan kembali ke bank olah bendahara ke dalam rekening yang baru sesuai peralihan kantor dinas yang baru. Kasatreskrim Polres Batara AKP Benito Harleandra SIK menjelaskan, kasus pencurian masih dalam penyelidikan Polres Batara. Termasuk memeriksa beberapa sidik jari pegawai Disbudparpora. “Delapan pegawai sudah kami minta keterangan,” tegas Kasat. (dad/cah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top