Usut Proyek Listrik Mangkrak, KPK Tunggu Hasil Audit BPKP – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

Usut Proyek Listrik Mangkrak, KPK Tunggu Hasil Audit BPKP

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu audit Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) atas 34 proyek listrik mangkrak yang juga menjadi sorotan pemerintah. Dari hasil audit itu, nantinya bisa diketahui apakah dalam proyek terdapat potensi korupsi.

Ketua KPK Agus Rahardjo mengatakan, hingga saat ini proyek mangkrak itu masih dalam tahap audit di BPKP. “Proyek mangkrak itu masih dalam tahap audit di BPKP. Jadi kita terimanya sebenarnya bukan resmi dari pemerintah, kita terima dari banyak pihak. Lebih dari 36 bahkan, lebih banyak dari itu,” kata Agus di gedung KPK, Jumat (10/2).

Meski demikian, menurut Agus, BPKP belum menyerahkan hasil audit tersebut kepada KPK. Sehingga, KPK belum dapat menentukan proyek mana sajakah yang akan masuk ke tahap penyelidikan. “Belum. Belum. Karena kita masih nunggu itu tadi. Masih nunggu hasilnya dari BPKP belum selesai,” ujar Agus.

Sebelumnya, beberapa waktu silam Agus mengaku telah mencocokkan data yang dimiliki lembaganya dengan laporan yang masuk mengenai adanya 34 proyek pembangunan pembangkit listrik yang mangkrak.

Atas proyek mangkrak tersebut, Presiden Jokowi meminta KPK mengusut tuntas penyebab mangkraknya pembangunan 34 proyek pembangkit listrik yang tersebar di beragam daerah.

Di mana dari 34 proyek ini, ada belasan yang tidak dapat dilanjutkan sementara sisanya bisa dilanjutkan namun anggaran yang diperlukan cukup besar. (Fajar/jpg)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top