DPRD Katingan Sepakat Memakzulkan Bupati Selingkuh – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Daerah

DPRD Katingan Sepakat Memakzulkan Bupati Selingkuh

FAJAR.CO.ID, KATINGAN Bupati Katingan Ahmad Yantenglie di Kalimantan Tengah sepertinya tidak bisa menikmati kekuasaannya lagi.

Pasalnya, seluruh fraksi DPRD Katingan sepakat bulat memakzulkan dia.

Kesepakatan memberhentikan orang nomor satu di Kabupaten Katingan itu mencuat dalam rapat paripurna penyampaian pandangan akhir fraksi terhadap hasil kerja pansus di gedung dewan setempat, Jumat (10/2).

Ada lima fraksi. Yakni, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Gandang Nyaru, dan Fraksi Kebangkitan Amanat Nasional.

Ketua DPRD Katingan Ignatius Mantir L. Nussa menerangkan, proses tersebut masih terus berjalan hingga selesai penetapan keputusan nanti.

Artinya, kini tinggal selangkah lagi di dewan.

“Jika sudah dibuat keputusan, prosesnya tinggal di Mahkamah Agung (MA). Hasil fraksi sudah didengar seperti apa dan semua sepakat serta menyetujui pemakzulan,” kata Mantir setelah memimpin rapat paripurna.

Politikus PDI Perjuangan itu memastikan, saat pengambilan keputusan, tidak akan terjadi voting.

Dia beralasan dalam pandangan fraksi sudah jelas menyatakan setuju dan sepakat pemakzulan.

“Apalagi yang divoting jika pandangannya seperti itu. Ini kan hasilnya sudah bulat,” tegasnya.

Sekarang, lanjut dia, mereka tinggal menunggu jadwal pengambilan keputusan.

“Karena lewat proses, ya ditunggu saja jadwalnya. Kami tidak bisa bekerja tanpa melalui proses,” ujarnya.

Jika sudah ada keputusan, dia menegaskan akan secepatnya mengantar hasil keputusan dewan ke MA sehingga bisa cepat diproses sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kalau di Garut (kasus Bupati Aceng Fikri, Red) itu, tujuh hari sudah selesai. Ya, harapannya, punya kami (skandal bupati Katingan, Red) tidak sampai satu bulan selesai. Apalagi, di Garut cuma menceraikan lewat SMS. Kalau di tempat kami terlalu parah, tertangkap tangan,” jelas Mantir. (ami/c3/top/c24/ami/jpnn)

Click to comment
To Top