Kemenag Kembali Hidupkan MAN PK – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Kemenag Kembali Hidupkan MAN PK

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Satu dasawarsa terakhir, madrasah aliyah negeri program keagamaan (MAN PK) mati suri. Kementerian Agama (Kemenag) mulai tahun ini menghidupkan lagi madrasah yang menjadi primadona di eranya tersebut. MAN PK diharapkan menjadi wahana kaderisasi calon ulama.

Penerimaan MAN PK dibuka pada 6 Maret mendatang. Pendaftaran dibuka secara nasional dan terpusat melalui www.ppdb-manpk.com. Proses belajar-mengajarnya berjalan dengan sistem berasrama dan beasiswa biaya pendidikan. Siswa hanya dibebani biaya makan selama tinggal di asrama.

Sepuluh MAN PK yang kini hidup lagi itu antara lain terdapat di MAN Koto Baru Padang Panjang, MAN 3 Makassar, MAN 1 Surakarta, MAN 1 Darussalam Ciamis, dan MAN 2 Mataram. Kemudian MAN 1 Jogja, MAN Denanyar Jombang, MAN 2 Samarinda, MAN 2 Martapura, serta MAN 1 Jember.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag Kamaruddin Amin menyatakan tidak sekadar menghidupkan lagi MAN PK. Ke depan, Kemenag membuat MAN PK serupa di provinsi lainnya. ”Madrasah harus memproduksi calon ulama cendekia,” tuturnya di Jakarta kemarin (10/2). Konsentrasi pendidikan agama di MAN PK antara lain fikih, tafsir, dan hadis.

Pengamat pendidikan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Jejen Musfah menyambut baik kembali dibukanya MAN PK. Dia berharap siswa di MAN PK mempelajari Islam dengan beragam mazhab. ”Jadi, siswa tidak NU banget, Muhammadiyah banget, atau Persis banget,” katanya.

Jejen menambahkan, lulusan MAN PK akan menjadi input yang bagus untuk perguruan tinggi keagamaan. Khususnya jurusan dakwah dan syariah. Selama ini, karena input kurang berkualitas, jurusan keagamaan kalah pamor dengan jurusan-jurusan umum di kampus Islam. (Fajar/JPG)

Click to comment
To Top